• Breaking News

    Puluhan Penyuluh Sijunjung Ikuti Bimtek BPP Kostratani

    SIJUNJUNG (Sumbarkini.com) - Sebanyak 30 penyuluh pertanian dari delapan Balai Penyuluh Pertanian (BPP) di Kabupaten Sijunjung mengikuti bimbingan teknis (Bimtek) Training of Fasilitator (TOF) BPP Kostratani dan kesuburan lahan. .

    Kegiatan yang dipusatkan di BPP Lubuk Tarok, selama dua hari, Rabu dan Kamis (23-24/6) di buka secara resmi oleh Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Sijunjung diwakili Kepala Bidang PSP, Arwilson, dan dihadiri tim PEPI Kementrian Pertanian, Bagus Prasetyo,, Konsultan IPDMIP, Hardiwilson, Kepala UPTD BPPP, Jod Bay, Koordinator BPP Lubuk Tarok, B.Ramali.

    Dalam sambutanya, Arwilson menyebutkan, kegiatan bimtek BPP Kostratani dan pemupukan berimbang ini difasilitasi oleh Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian melalui program Integrated Participatory Development and Management of Irrigation Projeck (IPDMIP).

    Sementara fasilitator, sambung Arwilson, adalah penyuluh alumni Training of Fasilitator (TOF) Kostratani yang telah dilatih sebelumnya di Ciawi Bogor.Mereka adalah Doni Liswan, Marlia Sunarya dan Fitriana.

    Karena itu, ia berharap peserta untuk mengikuti bimtek ini dengan serius”Meski fasilitatornya adalah yunior saudara, jangan pula dianggap remeh.Peserta harus serius mengikuti bimtek ini, apalagi dalam pratek lapangan nanti, peserta dipandung langsung oleh Pak Bagus,” ingatnya.

    Tim Politeknik Enjiniring Pertanian Indonesia (PEPI)Kementrian Pertanian, Bagus Prasetyo mengatakan, kegiatan bimtek ini bagian dari pengembangan SDM pertanian.”SDM adalah faktor utama dalam peningkatan produktivitas pertanian,” katanya.

    Bagus berharap, ilmu yang diperoleh dapat dibagikan kepada rekan penyuluh lainnya dan bermanfaat untuk petani binaannya.

    Selain materi yang disampaikan fasilitator, bimtek ini juga diisi dengan praktek menguji kesuburan tanah yang dipandu langsung oleh, Bagus Prasetyo.Dalam praktek itu peserta uga diajarkan cara pengambilan contoh tanah, cara mengukur kesuburan tanah dengan Perangkat Uji Tanah Sawah (PUTS) dan Perangkat Uji Pupuk (PUP) yang diberikan BPSDM Pertanian melalui program IPDMIP.-(zet)

    Tidak ada komentar

    Masukan dan informasinya sangat penting bagi pengembangan situs kita ini...

    Pendidikan

    5/pendidikan/feat2