• Breaking News

    DPRD Sumbar Komitmen Selesaikan Sisa Tugas dalam Bimtek Optimalisasi Kinerja Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah




    JAKARTA(Sumbarkini.com) - Sebanyak 65 anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) berkomitmen untuk menyelesaikan pekerjaan yang masih tersisa hingga akhir masa jabatan periode 2019-2024. 

    Komitmen ini terungkap dalam pembukaan Bimbingan Teknis (Bimtek) di Acacia Hotel Jakarta, Rabu (22/5), yang berlangsung hingga 25 Mei 2024, bekerja sama dengan Universitas Respati Indonesia.

    Dalam sambutannya, Ketua DPRD Sumbar Supardi menegaskan bahwa terdapat sejumlah agenda strategis yang harus diselesaikan sebelum akhir masa jabatan, termasuk pembahasan Ranperda tentang Pertanggungjawaban APBD 2023 dan sejumlah Ranperda lainnya yang perlu disahkan menjadi Perda. 

    Selain itu, DPRD juga harus menyelesaikan penyusunan Kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) APBD 2025 dan perubahan KUA-PPAS 2024.

    "Pekerjaan-pekerjaan ini hendaknya dituntaskan dengan semangat pengabdian karena menyangkut kepentingan masyarakat luas," ujar Supardi.

    Supardi juga menambahkan bahwa masa peralihan anggota DPRD dari periode 2019-2024 ke periode 2024-2029 akan melalui sejumlah proses, termasuk pembentukan Alat Kelengkapan Dewan (AKD) dan penentuan pimpinan definitif. 

    Oleh karena itu, agenda strategis yang berhubungan dengan kepentingan masyarakat dan daerah harus segera diselesaikan.

    Dalam Bimtek ini, salah satu topik yang dibahas adalah mekanisme penyusunan KUA-PPAS yang berkaitan dengan aplikasi Sistem Informasi Pembangunan Daerah (SIPD).

    Supardi berharap agar Bimtek ini dapat meningkatkan kapasitas anggota DPRD dalam menjalankan tugas dan fungsi mereka sesuai amanah undang-undang.

    Rektor Universitas Respati, yang diwakili oleh Nurmaningsih, menyatakan bahwa pelaksanaan Bimtek merupakan implementasi dari Peraturan Menteri Dalam Negeri nomor 14 tahun 2018 tentang Pedoman Orientasi dan Pendalaman Tugas Anggota DPRD. 

    Menurutnya, bahasan dalam Bimtek ini sangat strategis dan berfungsi untuk meningkatkan pemahaman anggota DPRD mengenai fungsi legislasi, penganggaran, dan pengawasan.

    "Semoga kegiatan ini memberikan manfaat lebih untuk DPRD Sumbar secara kelembagaan ke depannya," ujar Nurmaningsih.

    Bimtek bertema "Optimalisasi Peran dan Fungsi DPRD dalam Kinerja Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (Akhir Masa Jabatan)" ini diharapkan dapat memperkuat komitmen DPRD Sumbar dalam menyelesaikan sisa tugas mereka dengan optimal.(putra)

    Tidak ada komentar

    Masukan dan informasinya sangat penting bagi pengembangan situs kita ini...

    Pendidikan

    5/pendidikan/feat2