• Breaking News

    Rumah Roehana Koeddoes Bakal Direnovasi

    Lubuk Basung - Seiring dengan pelaksanaan Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2018 yang bakal digelar di Sumbar, Pemkab Agam berencana merenovasi rumah kelahiran tokoh pers dan wartawati Roehana Koeddoes di Jorong Koto Gadang, Nagari Koto Gadang, Kecamatan IV Koto, Kabupaten Agam.

    Hal itu disebutkan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Agam, Isra, S.Pd, M.Pd., Kamis (25/1) kepada wartawan di Lubuk Basung.

    Renovasi rumah kelahiran wartawati pertama itu, kalau tidak ada aral melintang, dimulai Februari mendatang ini.

    “Secara resmi, renovasi ini akan ditandai dengan kehadiran salah satu menteri, disaksikan para wartawan pada peringatan HPN yang tidak lama lagi akan datang,” sebut Isra.

    Renovasi itu diakui tidak dilakukan sekaligus, tetapi bertahap, mengingat pembiayaannya cukup besar buat ukuran Kabupaten Agam. Tahap I dilakukan 2018 dan tahap II dilanjutkan pada tahun 2019. Tahap pertama dinggarkan dana sebesar Rp200 juta, berasal dari APBD Kabupaten Agam 2018.

    Untuk tahap ini, perbaikan hanya untuk perbaikan atap dan dinding. Sedangkan tahap II nanti akan dilakukan perbaikan terhadap bagian lainnya. “Saat ini pihak konsultan tengah menyusun perencanaan dan menghitung pembiayaan yang dibutuhkan untuk renovasi tahap II,” ujar Isra.

    Isra menyebutkan, dana yang dibutuhkan untuk renovasi rumah wartawan nasional ini cukup besar, karena rumah kelahiran beliau Roehana Koeddoes itu bangunan lama yang elit. Selain itu rumah tersebut juga merupakan cagar budaya yang mesti dilestarikan.

    Apabila rumah tersebut sudah selesai direnovasi, dalam ruangan tersebut akan dilengkapi dengan hasil karya beliau yang masih ada, juga dipasang plang merek dan memajang foto berikut karya yang dilahirkan Roehana Koeddoes.

    Kabupaten Agam dikenal dengan objek wisata yang menawan, apabila rumah kelahiran wartawati Roehana Koeddoes tersebut sudah selesai direnovasi, rumah tersebut juga akan jadi salah satu destinasi wisata di Kabupaten Agam. “Lokasi itu akan ramai dikunjungi wisatawan nusantara mau pun mancanegara,” jelas Isra.

    Dijelaskan Isra, sebelumnya Pemkab Agam juga telah mengusulkan Roehana Koeddoes sebagai pahlawan nasional ke Kementerian Sosial tahun 2017 lalu.

    Walinagari Koto Gadang, Budi Zulfikar membenarkan bahwa rumah Roehana Koeddoes di Koto Gadang bakal direnovasi. Menurut dia, tim dari kabupaten telah melihat ke lokasi dan memberi tahukan bahwa tim dari kementerian akan melakukan visitasi dan survey lapangan.

    Ketua KAN Koto Gadang, H. Leonardy Harmainy Dt. Bandaro Basa jelas menyambut baik hal ini. Ketua KAN yang juga Anggota DPD RI itu telah membawa hal ini ke rapat paripurna DPD. (z01)

    Tidak ada komentar

    Masukan dan informasinya sangat penting bagi pengembangan situs kita ini...