• Breaking News

    Pertahankan Eksistensi Niniak Mamak Mendidik Anak Kemenakan

    Lubuk Basung – Ninik Mamak mempunyai andil yang besar dalam mendidik anak kemenakannya. Oleh karena itu ninik mamak harus mematuhi segala nasihat dan arahan yang disampaikan sang mamak.

    Hal itu mengemuka dalam musyawarah kerja (MUKER) IV Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM) Sumatera Barat Tahun 2018 yang bertema “Basamo kito bisa, mewujudkan Sumatera Barat sebagai Provinsi yang berpegang teguh pada adat dan agama”.

    Anggota Komite IV DPD RI, H. Leonardy Harmainy Dt. Bandaro Basa mengingatkantentang besarnya pengaruh global terutama terhadap generasi muda. Untuk itu, dia mengharapkan ninik mamak meningkatkan pengawasannya terhadap anak dan kemenakan mereka. Ninik mamak mempunyai peranan penting dalam masyarakat Minangkabau.

    “Anak dan kemenakan harus dijauhkan dari pengaruh penyalahgunaan narkoba, minuman keras, judi, dan LGBT. Masalah ini hangat diperbincangkan saat ini,” katanya.

    Leonardy yang juga Ketua KAN Koto Gadang ini mewanti-wanti bahwa mamak berkewajiban mendidik anak-kemenakannya sampai menjadi orang yang berguna. Senator Sumbar ini mengucapkan terima kasih atas pelaksanaan Muker IV. 

    Dia mengapresiasi kegiatan ini dan  berharap kepada LKAAM dan Bundo Kanduang se-Sumatera Barat untuk menjaga eksistensinya. (*)

    Tidak ada komentar

    Masukan dan informasinya sangat penting bagi pengembangan situs kita ini...