• Breaking News

    Pengecekan EWS Rutin Dilakukan

    Agam - Pusat Pengendalian Operasional  Penanggulangan Bencana Kabupaten Agam  selalu mengecek pendeteksi dini setiap tanggal 26 setiap bulannya selalu melakukan pengecekan alat pendeteksi dini (Early Warning System, EWS). Pengecekan dilakukan terhadap pendeteksi gelombang tsunami yang dipasang di sepanjang pantai dan pemukiman warga terdampak.

    “EWS di Agam terpasang permanen pada sembilan titik di sepanjang jalur pantai beradius 200 meter sampai 800 meter. Alat ini selalu diperdengarkan secara otomatis dari Pusat Pengendalian Operasional Lapangan (Pusdalops) kepada masyarakat setiap tanggal 26, mulai jam 10.00 WIB,” ujar Kabid Kebencanaan dan Kesiapsiagaan BPBD Agam, Yunaidi. S, Selasa 27 Februari 2018.

    Dikatakan Yunaidi, Agam memiliki lokasi sepanjang pantai Samudera Hindia. Bantuan EWS dan sirine BMKG Tsunami dari BNPB, satu berada pada wilayah Kecamatan Tanjung Mutiara. Delapan lainnya di halaman Masjid Syuhada Subang-Subang, di halaman Masjid Taqwa Labuhan, di halaman Masjid Nurul Iman Ujuang Labuang, di halaman Puskesmas Gasan Kaciak. Sirine EWS juga dipasang pada halaman Masjid Al Hidayah Masang, di halaman Masjid Muaro Putuih, di Pasia Paneh dan di Banda Gadang. “Inilah EWS di Agam yang perlu dipantau setiap bulannya,” ujarnya.

    Agam juga punya alat pendeteksi dini untuk pergerakan tanah longsor. Alat ini dipasang di Nagari Baringin Kecamatan Palembayan dan merupakan bantuan kerjasama dengan UGM.  Pada Kecamatan Tanjung Raya ada dua unit bantuan kerjasama dengan NGO Jepang. (wir)

    Tidak ada komentar

    Masukan dan informasinya sangat penting bagi pengembangan situs kita ini...