• Breaking News

    Kemenkop dan UKM Gelar Lomba Penulisan

    Padang (sumbarkini.com) - Kementerian Koperasi dan UKM terus menggemakan perkembangan terkini perkoperasian Indonesia. Secara kuantitas pertumbuhan koperasi signifikan. Tercatat 152.714 unit koperasi tumbuh dan berkembang sejak lama.

    Hanya saja, suburnya perkembangan perkoperasian di Indonesia berbanding terbalik dengan perkembangan zaman. Terkesan koperasi belum mengadopsi perkembangan kekinian.

    "Mengingat hal ini, Kami dari Kementerian Koperasi dan UKM melalui kebijakan reformasi total koperasi, melakukan upaya pengembangan agar kualitas koperasi menigkat baik dalam hal penggunaan teknologi, manajemen, SDM maupun proses produksi," ujar Menteri Koperasi dan UKM RI diwakili Humasnya.

    Guna menggambarkan koperasi yang telah beradaptasi dengan perkembangan zaman ini, kementerian mengadakan "Lomba Karya Tulis Koperasi dan UKM 2018'.

    Lomba yang diperuntukkan bagi wartawan media cetak dan online serta para blogger ini bertajuk Koperasi Era Milenial. Untuk kategori media cetak dan online hendaknya mengarahkan tulisannya seputar upaya koperasi menjawab tantangan zaman. 

    (Baca juga : Ini Ketentuan Lomba Karya Tulis Koperasi dan UKM 2018)

    Sementara untuk blogger hendaknya menyumbangkan pemikirannya seputar rebranding koperasi era milenial. Bagaimana mereka mengungkapkan upaya melepaskan stigma jadul, kuno dan tidak menarik di kalangan muda.

    Untuk itu hendaknya tergambar ide agar generasi muda dengan senang hati terlibat dalam koperasi. "Jangan ada lagi generasi muda yang alergi dengan koperasi lantaran lebih banyak diurus oleh kalangan tua," ujarnya.

    Persepsi masyarakat harus diubah. Harus ada reposisi image terhadap koperasi di kalangan muda. Gunakan pendapat ahli atau akademisi terhadap konsep ini.

    Untuk media cetak dan online disediakan hadiah uang bagi juara 1 hingga harapan III. Total Rp 32.500.000. Hadiah untuk Juara I Rp10.000.000, Juara II Rp7.500.000 dan Juara III Rp 6.000.000.

    Adapun untuk kategori blogger tersedia hadiah buat juara I hingga III. Juara I berhak atas hadiah uang sebesar Rp 4.000.000, Juara II Rp 3.000.000 dan juara III Rp 2.000.000.

    Selain hadiah, Kementerian akan memberikan sertifikat buat para pemenang.

    Uniknya, setiap peserta dapat mengirimkan tiga karya tulis dengan panjang minimal 4.000 karakter. Karya harus diterima panitia paling lambat 23 Juni 2018. (z01)

    Tidak ada komentar

    Masukan dan informasinya sangat penting bagi pengembangan situs kita ini...