• Breaking News

    Perbaikan Riol dan Perhatikan PAUD Diminta Warga Surau Gadang



    Padang (sumbarkini.com) – Warga Surau Gadang Kecamatan Nanggalo mengharapkan Pemerintah Kota Padang memperhatikan aspirasi mereka. Pemerintah Kota melalui dinas terkait diharapkan untuk segera memperbaiki riol di beberapa ruas jalanan di daerah itu.
    Hal itu disampaikan warga saat Anggota DPD RI H. Leonardy Harmainy Dt. Bandaro Basa, S.IP, MH, bertemu warga di halaman PAUD Restu Ibu. “Setiap hujan pasti banjir. Kami berharap ada perbaikan drainase dan jalan. Kami harap pemerintah dan anggota dewan memperhatikan betul masalah ini,” ujar Amir, seorang warga yang hadir dalam pertemuan itu.

    Menurut Amir, Pemko dan  DPRD Kota Padang segera berupaya agar perbaikan drainase di sejumlah kawasan di Surau Gadang terealisasi secepatnya.  Dikatakannya, permasalah riol ini telah melalui rembug warga di tingkat RT dan RW Kelurahan Surau Gadang.

    Harapan Amir itu diperkuat oleh Lurah Surau Gadang Irzal. Dia mengatakan perbaikan infrastruktur yang menjadi prioritas di kelurahan tersebut adalah perbaikan riol di beberapa titik. “Genangan air di kawasan Surau Gadang sudah bisa dikatakan sudah parah. Akibatnya, mempercepat kerusakan aspal jalan di sana,” ujarnya.

    Dia pun menyebutkan warga Surau Gadang juga mengharapkan pengembangan ekonomi yang lebih signifikan. Ini dimaksudkan agar pelaku usaha kecil berkembang lebih cepat. “Masyarakat kami juga mengharapkan pengembangan ekonomi kemsayarakatan dengan penguatan dan pembinaan berkelanjutan terhadap UMKM,” ungkapnya.

    Anggota Komite III DPD RI, H. Leonardy Harmainy Dt. Bandaro Basa, S.IP,MH menyatakan segala harapan masyarakat akan disampaikan ke pihak terkait. Ditegaskannya, aspirasi masyarakat pasti diperhatikan Pemko dan DPRD Padang. Soal cepat atau lambatnya tentu tergantung kepada program yang ada dan ketersediaan anggaran.

    Jika tidak bisa tahun ini, usulan bisa saja masuk di tahun berikutnya. Warga perlu terus mengawasi dan senantiasa berupaya agar aspirasi terealisasi segera. Dia pun mengungkapkan dalam perjuangan aspirasi seperti ini dibutuhkan figur yang mampu memperjuangkannya di legislatif. 

    “Makanya, manfaatkan kesempatan di tahun politik ini sebaik-baiknya. Gunakan hak pilih dan pilihlah sosok yang dirasa mampu dan mau memperjuangkan aspirasi kita,” ungkapnya.

    Terkait perhatian terhadap UMKM, Leonardy menjelaskan pemerintah telah berupaya memberi perhatian terhadap sektor ekonomi kerakyatan ini. Pemko Padang telah berupaya menumbuhkan 10.000 usaha baru. Pembinaan terhadap pelaku usaha itu pun terus diupayakan. 

    Leonardy juga menginformasikan perlunya pelaku usaha kecil memanfaatkan kredit usaha rakyat (KUR). Dikatakannya, tahun ini pemerintah menyediakan dana Rp3,2 triliun untuk pengembangan usaha kecil. 

    Pinjaman berbunga rendah ini diutamakan untuk penguatan dan pengembangan UMKM. Persyaratannya pun mudah, hanya perlu surat keterangan usaha dari Lurah. Jika terkendala dengan penjaminan, pemerintah provinsi telah mendirikan PT Penjaminan Kredit Daerah (PT Jamkrida). “Manfaatkan dana KUR ini untuk usaha bapak dan ibu. Semoga usahanya makin berkembang,” ujarnya.

    Perhatikan PAUD
    Dalam kunjugannya, Leonardy juga diajak melihat PAUD Restu Ibu yang berlokasi di RT 1 RW IX Kelurahan Surau Gadang. Kepala PAUD Yeni mengharapkan perhatian Anggota DPD RI. 

    Leonardy bakal menyampaikan harapan agar guru-guru yang mendidik anak-anak usia dini mendapat perhatian yang layak. Menurutnya-guru-guru PAUD-lah yang umumnya mempersiapkan anak kenal dengan tulis baca, baik latin maupun alquran.

    “Bagaimana kita mengharapkan guru PAUD memberi perhatian lebih terhadap tumbuh kembang anak didiknya, jika kehadiran mereka di PAUD lebih sering sebagai pengabdian semata. Sedapat mungkin bantuan biaya operasional PAUD dan honor gurunya lebih mendapat perhatian,” ungkapnya. (jus)

    Tidak ada komentar

    Masukan dan informasinya sangat penting bagi pengembangan situs kita ini...

    Pendidikan

    5/pendidikan/feat2