• Breaking News

    Senator Dukung Peningkatan Jalan Kamumuan Sungai Geringging

    Kamumuan - Rusaknya jembatan di ruas jalan yang menghubungkan Sungai Limau
    ke Sungai Geringging menjadi perhatian Anggota DPD RI H. Leonardy Harmainy Dt. Bandaro Basa, S.IP., MH.

    Soalnya, jalur lain melewati Kamumuan terasa kecil. Mobil harus ekstra hati-hati saat berselisih, harus berhenti dan saling memberi jalan.

    "Jalan Kamumuan Pasar Sungai Geringging kini ramai dilalui kendaraan karena jembatan di ruas jalan sebelah rusak dan putusnya jembatan Batu Mengaum. Sehingga semakin terasa kecilnya ruas jalan itu. Harus  segera diupayakan untuk memperlebarnya dan meningkatkan statusnya," ujar Leonardy usai mengikuti Maulid Nabi di Masjid Raya Nagari Batugadang, Rabu 21 November 2018.

    Leonardy mengharapkan walinagari melakukan upaya-upaya untuk mempermudah urusan pelebaran jalan tersebut. Pihak kabupaten harus diyakinkan untuk segera memperlebarnya.

    Menurut Leonardy, biasanya pembangunan akan cepat direspon pemerintah jika ada kemudahan dalam urusan pembebasan tanah. Leboh-lebih lagi jika masyarakat setempat rela menyerahkan tanahnya untuk proyek pembangunan itu.

    "Caranya, lakukan pendekatan kekeluargaan terhadap masyarakat demi mempercepat pelebaran jalan ini. Segerakan proposal yang detil dan kita upayakan solusinya. Pasti ada caranya untuk memberitahu Pak Bupati," ungkap pimpinan DPRD 2004-2014 ini.

    Dia pun menegaskan, pelebaran sangat potensial mengingat kesulitan pengerjaan lebih rendah mengingat lokasi, ruas ini pun tanpa jembatan nantinya. Perlu dorongan kuat untuk upaya ini.

    Leonardy pun sedikit membuka diskusi tentang penggunaan dana desa dan pentingnya suatu daerah memiliki perwakilan di lembaga legislatif mulai dari DPRD Kabupaten Padang Pariaman, DPRD Sumbar, DPR RI dan DPD RI.


    Walinagari Batugadang Kuranji Hulu, Jon Kenedi membenarkan pelebaran jalan ke Pasar Sei Garingging-Kamumuan melewati Batugadang sangat mendesak. Menurutnya sudah ada lima tahunan nagari mengusulkannya di berbagai kesempatan.

    Akses jalan yang bagus diyakininya mampu mendongkrak perekonomian masyarakatnya. "Di sini ada 1600 hektare kebun kelapa, 440 hektare sawah. Ada pinang, jagung dan lainnya. Lahan tidurnya saja masih luas," urainya.

    Dia berharap kedatangan Anggota DPD H. Leonardy Harmainy Dt. Bandaro Basa, S.IP., MH dapat memberikan dorongan yang kuat untuk pelebaran akses jalan ini. Perbincangan dengan senator dalam kesempatan Maulid Nabi di Masjid Raya Nagari Batugadang makin membuka harapan mereka.

    "Besar harapan kami, Pak Leo dan semua anak nagari baik di rantau maupun di kampung makin bersinergi membangun nagari kita. Maulid nabi ini salah satu upaya membangun silaturahmi tersebut yang rutin dilakukan tiap tahun," ungkapnya. (*)

    Tidak ada komentar

    Masukan dan informasinya sangat penting bagi pengembangan situs kita ini...

    Pendidikan

    5/pendidikan/feat2