• Breaking News

    Bupati Yuswir Arifin membuka Seminar Nasional Geopark Silokek


    Sijunjung, (Sumbarkini.com) - Bupati Sijunjung, Yuswir Arifin membuka secara resmi  Seminar Nasional Geopark Silokek yang dilaksanakan di Gedung Pertemuan Pancasila Muaro Sijunjung, Senin 3 Desember 2018.

    Seminar yang mengangkat tema "peluang dan tantangan percepatan pengembangan kawasan melalui konsep Geopark" ini, dihadiri oleh Staf Ahli Gubernur Sumbar Bidang Pembangunan, Muhammad Yani, SH, Wakil Bupati Sijunjung, Arrival Boy, Ketua DPRD, Yusnidarti, Unsur Forkopinda, Ketua Pengadilan Negeri dan Agama, Bupati dan Walikota se Sumbar, Sekdakab dan Kepala OPD.

    Serta diikuti oleh 250 orang diantaranya, Instansi Vertikal, Kabag di Lingkup Sekdakab, Camat se Kabupaten Sijunjung, Walinagari, BPN, Bundo Kanduang, LPM dan ketua pemuda se Kecamatan Sijunjung dan Sumpur  Kudus.

    Dikesempatan itu, Bupati Yuswir Arifin mengucapkan selamat datang kepada tamu undangan yang hadir dan memenuhi Gedung Pertemuan Pancasila.

    ” Mewakili masyarakat Kabupaten Sijunjung, saya mengucapkan selamat datang kepada bapak ibu hadirin semua dan penghargaan serta terima kasih setinggi-tingginya atas kehadirannya ”, ucapnya.

    Bupati juga ucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah berjasa atas ditetapkannya Geopark Silokek menjadi Geopark Nasional bebarapa waktu yang lalu.

    ” Penetapan Geopark Silokek sebagai Geopark Nasional, tentu saja kami menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi- tingginya kepada seluruh pihak yang tidak kami sebutkan satu per satu atas kerja kerasnya, sehingga status Geopark Nasional ini dapat kita raih dalam kurun waktu hanya sepuluh bulan”, ungkapnya

    Dengan ditetapkannya Geopark Silokek sebagai Geopark Nasional, terselip tanggung jawab besar baik bagi Pemerintah maupun seluruh masyarakat Kabupaten Sijunjung.

    ”Untuk itu, kita harus lebih arif dalam pemanfaatan sumberdaya alam dari perilaku eksploratif menjadi konservatif, kawasan ini harus tetap lestari. Kita semua harus menjadi masyarakat yang arif, santun dan ramah kepada siapapun yang berkunjung ke Kabupaten Sijunjung, dan kami semua bertekat dan siap untuk itu”, tegasnya.

    Sementara itu, Kebag Perekonomian Setdakab, Henry Chaniago, S.Sos selaku panitia seminar Geopark Silokek mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk memperoleh strategi dan perluasan jejaring kerja Geopark guna menuju Geopark global (UGG. Unesco Nasional saat ini Global Geoparks).

    Narasumber pada acara ini adalah Drs. Andrinof Achir Chaniago, M.Si, (Komisaris Utama BRI, Pengamat, peneliti tingkat nasional),  DR. Ir. Febrin Anas Ismail, M.Si (tenaga Ahli geopark Ranah Minang Silokek), dan Dirjen SDA pada Kementrian PUPR, Ir. Djaya Sukarno, M.Eng, (Kepala Sub Direktorat perencanaan sumber daya air) serta Dengan Moderator Prof DR. Ir. Abdul Hakam Ph.D r. terang Henry. (andri.k)

    Tidak ada komentar

    Masukan dan informasinya sangat penting bagi pengembangan situs kita ini...

    Pendidikan

    5/pendidikan/feat2