• Breaking News

    Gandeng Unes, Leonardy Perbanyak Agen Empat Pilar

    Padang (sumbarkini.com) -  Generasi milenial menghadapi kondisi kekinian yang sangat komplek. Mereka harus mampu menyikapi perkembangan yang ada dengan sebaik-baiknya dengan melakukan hal-hal positif.

    Peduli dengan pembentukan karakter generasi milenial inilah Anggota MPR RI H. Leonardy Harmainy Dt. Bandaro Basa, S.IP, MH menyasar kalangan mahasiswa untuk melakukan Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan.

    “Dalam Buku Materi Sosialisasi Empat Pilar ada kajian-kajian tentang kondisi kekinian yang bakal dihadapi oleh generasi muda Indonesia. Bagaimana solusi untuk menjawab pun ada di dalamnya. Sehingga dengan membaca buku setelah kita buka cakrawala pemahaman mereka, para mahasiswa ini mampu mengamalkannya,” urai Leonardy yang juga alumni Fisipol Unes dan Program Magister Hukum Unes ini.

    Leonardy optimis, mahasiswa-mahasiswa kelahiran 1980-an dan 1990-an yang dikenal dengan disebut-sebut generasi Z atau generasi milenial ini pasti mudah memahami buku-buku materi empat pilar tersebut. Apalagi mengikuti kegiatan sosialisasi ini dengan baik dan penuh semangat. Mereka pun bisa menjadikannya bahan diskusi/kajian bersama teman dan dosennya.

    “Mereka-mereka inilah yang kita harapkan bisa mengamalkan sekaligus menjadi agen-agen yang menularkan Empat Pilar Kebangsaan kepada lingkungan sekitarnya,” harap pria yang akrab dipanggil Bang Leo ini.

    Menyerahkan Materi Sosialisasi Empat Pilar secara simbolis.
    Diakui Pimpinan DPRD Sumbar periode 2004-2014 tersebut sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan ini merupakan tugas wajib tiap Anggota MPR RI. Namun tidak mungkin anggota MPR yang 692 orang itu bakal berhasil menyosialisasikan kepada 265 juta penduduk Indonesia dalam waktu cepat.

    Makanya dengan melakukan kegiatan ini dengan mahasiswa UNES, semakin banyak agen empat pilar kebangsaan yang mengamalkan dan menularkannya ke penduduk lain. Karena bagi yang sudah pernah mengikuti buat mengingatkan kembali. Untuk yang belum, kita berikan edukasi hingga tingkat pemahaman. Diharapkan mereka mampun mengamalkan dan menularkannya kepada yang lain.

    Mememaparkan materi empat pilar kebangsaan.
    “Kita semakin yakin melihat dukungan Rektor Universitas Ekasakti Dr. Otong Rosadi dan Dekan Fisipol Universitas Ekasakti, Dr Sumartono, S.Sos, M.Hum, penyampaian keduanya dalam sosialisasi, upaya menyemangati mahasiswa ini berbuah manis. Makin banyak yang ikut mensosialisasikan empat pilar kebangsaan ini," ujarnya.

    Dengan cara ini, tegas Leonardy, bakal terbangun loyalitas, semangat dalam berbangsa dan bernegara demi keutuhan negara republik Indonesia. “Indonesia harus kita kawal dengan empat pilar ini. Kita harapkan warga negara yang terdiri dari berbagai suku, agama, bangsa dan ras ini tidak terkotak-terkotak. Mereka bisa bersatu dalam bingkai NKRI,” ungkapnya.


    Motivasi Mahasiswa Unes

    Anggota MPR RI H. Leonardy Harmainy Dt Bandaro Basa, S.IP., MH memanfaatkan waktu kebersamaan dengan adik-adik alumninya itu untuk memotivasi mereka. Dikatakan Leonardy dia beberapa tahun lalu pernah kuliah di Fisipol itu. Makanya ketika datang ke sana, Leonardy sempat tertegun dan mengamati beberapa ruangan.

    “Saya memutuskan kuliah di Unes setelah duduk di DPRD Sumbar, menjadi Ketua DPRD Sumbar. Saya merasa sangat memerlukan ilmu dan wawasan kepemerintahan sebab pihak eksekutif yang dihadapi adalah jebolan sekolah tinggi pamong seperti IPDN dan mereka telah berpengalaman pula beberapa tahun lamanya,” ungkap Leonardy.

    Belajar sambil bekerja tentu ada tantangan yang harus dihadapi. Solusinya, jangan berhenti berpikir, berdoa dan berusaha. “Jangan pernah berhenti bermimpi. Pasti ada jalan. Jadi sembari kuliah, adik-adik mahasiswa sekalian bisa bekerja paruh waktu atau terlibat aktif di berbagai organisasi,” bebernya.

    Bahkan Leonardy menceritakan bagaimana dia bertemu dengan mahasiswa Unes di sejumlah gerai pelaku UKM. Salah satunya di Ummy Aufa Hakim di Jalan Veteran Padang. cukup banyak mahasiswa Unes yang bekerja paruh waktu di sana. Dan mereka mendapat dukungan luar biasa dari pemilik usaha, Lukman Hakim.

    Bahkan mahasiswa disarankan juga untuk menekuni organisasi politik. Tapaki karir bagi yang ingin berkarir di perpolitikan. Tapi diingatkannya agar berpolitik dengan santun. (*)

    Tidak ada komentar

    Masukan dan informasinya sangat penting bagi pengembangan situs kita ini...

    Pendidikan

    5/pendidikan/feat2