• Breaking News

    Giatkan Zikir untuk Sehat dan Menolak Bencana

    Batu Gadang, Pd. PariamanZikir bersama yang dilaksanakan secara rutin di Kabupaten Padang Pariaman mendapat dukungan kuat dari Anggota DPD RI H. Leonardy Harmainy Dt. Bandaro Bandaro Basa, S.IP., MH. Zikir harus digiatkan untuk mendatangkan kasih sayang Allah SWT.

    "Kita berada di daerah bencana. Bencana demi bencana terjadi karena Allah ingin memberikan peringatan kepada hambanya. Bencana umumnya menimpa siapa pun, ahli ibadat maupun pelaku maksiat. Dengan zikir kita harapkan berkah dan kasih sayang Allah," ungkap menantu Bupati Anas Malik itu di hadapan jemaah, pemuka masyarakat dan tuanku yang hadir di Masjid Raya Batu Gadang itu, Rabu 27 Maret 2019.

    Menurut Leonardy, para guru mengabarkan Alquran kepada kita bahwa Allah SWT bakal menahan suatu bencana jika masih banyak manusia yang ingat/zikir kepadaNya. Jadi zikir bersama ini efektif untuk mengingatkan kita kepada Sang Maha Pencipta.

    Maka dari itu, pria yang akrab dipanggil Bang Leo ini menghimbau agar setiap anggota ikatan zikir bersama mengajak sanak saudara, handai tolan dan kawan-kawannya untuk ikut zikir ini. Semakin sering pergi zikir, berarti menambah tenteram hati dan terpancar di wajah. 

    "Tubuh akan sehat. Menurut penelitian zikir laa ilaaha illallah dapat memompakan darah dua kali lebih kuat ke otak. Jika darah ke otak tak lancar, maka mengakibatkan stroke. Ini menurut penelitian orang Barat," ungkap Penasehat Tarikat Syattariyah Sumbar, Riau, Jambi ini.

    Selain itu menambah pula kenalan dan sanak saudara dari daerah lain di Padang Pariaman. Tak kalah pentingnya, peserta dapat melakukan wisata dakwah. Wawasan keagamaan pun bertambah.

    Di hadapan majelis taklim, kelompok pengajian dari berbagai daerah di Padang Pariaman itu, Leonardy menyebutkan biasanya kegiatan seperti ini banyak ikut orang-orang lanjut usia. Artinya kita pun secara tidak lansung menunjukkan perhatian dan kepedulian pada lansia. Lansia bukan dianggap beban, melainkan berkah.

    Ketua Ikatan Zikir Bersama Kabupaten Padang Pariaman Awalluddin Tuanku Bagindo mengengkapkan kegembiraannya dengan tetap berjalannya zikir bersama setiap bulannya. Dua tahun sudah kelompok-kelompok pengajian kecil di nagari-nagari ini disatukan. "Alhamdulillah hongga kini kami masih bisa rutin melaksanakannya setiap bulan. Alhamdulillah pula pesertanya banyak," ujarnya.

    Penasehat Ikatan Zikir Bersama, Buya Azwar Tuanku Sidi yang juga pimpinan Ponpes Jamiatul Mukminin Sintoga mengungkapkan keberkahan bakal didapatkan dengan seringnya berzikir. Wajah-wajah peserta zikir bakal memancarkan keindahan yang disebabkan hati yang tenang dan bersih.

    Dalam kesempatan itu, Tuanku Sidi memaparkan tentang adab di masjid, tata cara ibadah. Dia pun menjelaskan penyakit-penyakit yang bisa sembuh oleh shalat. Misalnya.Salat Subuh bisa menyembuhkan sakit jantung dan ginjal. 

    Letak tangan setelah takbir pun patut diperhatikan agar bermanfaat bagi tubuh kita. Bahkan cara istinja (bersuci setelah kencing pun) bermanfaat bagi ginjal dan prostat.

    Adapun Walinagari Batu Gadang Kuranji Hulu, Jon Kenedy mengungkapkan kegembiraannya dengan dilaksanakannya Zikir Bersama di Masjid Raya Batu Gadang. Disebutkan, pihaknya.lansung menyetujui begitu panitia memberitahu pada hari ini akan dilaksanakan zikir dan tabligh akbar.

    Walinagari menegaskan zikir bersama bakal efektif menolak bencana. Jika Allah kasih dan sayang dengan hambanya tentu keberkahan yang diberikan. (*)

    Tidak ada komentar

    Masukan dan informasinya sangat penting bagi pengembangan situs kita ini...

    Pendidikan

    5/pendidikan/feat2