• Breaking News

    Staf Ahli Masharyanto Hadiri Farmer Fielday atau Hari Temu Lapangan Petani di Kelompok Tani Taruko.


    Sijunjung, (Sumbarkini.com) - Staf Ahli Bupati Bidang Pembangunan dan Sumber Daya Manusia (SDM), Masharyanto, SE hadiri acara Farmer  Fielday  atau hari temu lapangan petani yang dilaksanakan oleh Kelompok Tani Taruko di Jorong Taruko, Nagari Tanjuang, Kecamatan Koto VII Kabupaten Sijunjung pada Kamis, 14 Maret 2019.

    Hadir pada acara tersebut Staf Ahli Bupati Bidang Pembangunan dan Sumber Daya Manusia, Masharyanto, SE,  Kepala Dinas Pertanian, Ir.Ronaldi, Dandim 0310/SS diwakili Koramil Koto VII, Kapt.Inf.Ilham, Wali Nagari, Kasi Penyiaran Dinas Kominfo, Djonedi de Yusa, Kasubag Peliputan dan Dokumentasi Setdakab, Sri Maryati dan undangan lainnya.

    Kegiatan Farmer Fielday atau hari temu lapangan petani ini juga dilaksanakan Penyerahan Kunci Gudang  dan Lantai Jemur yang diserahkan oleh Staf Ahli, Masharyanto didampingi Kadis Pertanian, Ir.Ronaldi dan Koramil Tanjung Ampalu, Kapt.Inf. Ilham kepada ketua Kelompok Tani Taruko, Pendi.

    Dalam sambutannya Ketua Kelompok Tani Taruko, Pendi tidak lupa mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Daerah melalui Dinas Pertanian yang terus memperhatikan dan memberikan bantuan kepada kelompok tani yang ada di Kabupaten Sijunjung ini, salah satunya kepada Kelompok Tani Taruko.

    Dijelaskan Pendi, "Kelompok Tani Taruko yang terletak di Jorong Taruko Nagari Tanjuang Kecamatan Koto VII ini telah berdiri sejak tahun 1994. Dan telah banyak merasakan bantuan yang diberikan, baik bantuan dari Pertanian Pusat, Provinsi maupun dari Dinas Pertanian Kabupaten Sijunjung,"ucapnya.

    "Seperti pada saat ini, telah selesainya dibangun sebuah gedung untuk pertanian yang telah dibantu dengan dana APBN yang telah menghabiskan dana sekitar Rp.127 juta, kami juga telah menerima juga bantuan dari Dinas Pertanian berupa Mesin Pompa seharga Rp.98 juta dan bantuan irigasi sepanjang 200 m,"ujarnya.

    Dengan banyaknya bantuan tersebut, Kelompok Tani Taruko yang memiliki luas 23 hektar sawah ini, dengan memakai Padi Batang Piaman, Alhamdulillah telah Panen 7,8 Ton / Hektarnya. Sekali lagi kami mengucapkan terima kasih atas bantuan yang telah diberikan pemerintah daerah kepada kami, tambah Pendi.

    Kepala Dinas Pertanian Ronaldi pada kesempatan itu berharap kepada kelompok tani taruko untuk terus bergerak," jaga semangat dan kekompakan kelompok, dan jangan sampai setelah menerima bantuan ini terjadi perpecahan, "ucapnya

    "Setelah diserahkannya gudang ini, semoga bisa dipergunakan sebaik mungkin sebagaimana fungsinya, alat alat yang telah diberikan diharap dijaga dan dipelihara dengan baik, karena alat yang telah dihibahkan ini sudah menjadi tanggung jawab  bagi petani, harapnya.

    Dengan begitu banyaknya bantuan yang diberikan oleh pemerintah daerah melalui Dinas Pertanian ini, diharapkan tidak ada lagi petani yang tidak bisa bertani, karena sekarang pemerintah telah menyediakan semua nya, baik alat maupun bibit untuk bertani maupun berkebun.

    " Untuk memajukan pertanian khususnya di Kabupaten Sijunjung, pemerintah terus  berupaya agar petani bisa dengan mudah bertani, yaitu dengan diadakan pelatihan, kapan perlu didatangkan dari pusat, bagi yang berkebun, dinas pertanian telah menyediakan bibit seperti jagung maupun manggis," ujar Ronaldi.

    Staf Ahli Bupati Masharyanto pada kesempatan itu juga berharap, dengan banyaknya bantuan yang diberikan pemerintah, diharapkan pertanian kita lebih meningkat lagi dari tahun ke tahun.

    Diceritakannya, pada masa yang lalu kita bertani masih mengandalkan tenaga manusia dan memakai swadaya seadanya saja, pada saat sekarang ini semua alat sudah canggih dan mudah didapatkan, apalagi pemerintah daerah terus membantu para petani agar mudah dalam bekerja,

    "Dengan bantuan tersebut semoga petani lebih giat dan bersemangat lagi agar hasilnya lebih meningkat terus tiap tahunnya, dengan demikian akan bisa menjadikan petani kita sejahtera, "ucap Masharyanto.

    Di akhir acara Farmer Fielday atau Hari Temu Lapangan Petani ini dilaksanakan makan bersama di dalam gedung baru tersebut, setelah makan bersama dilanjutkan dengan panen perdana oleh Staf Ahli, Masharyanto, Kadis Pertanian, Ir. Ronaldo dan Koramil Kecamatan Koto VII, Kapt.Inf.Ilham. (andri).


    1 komentar:

    Masukan dan informasinya sangat penting bagi pengembangan situs kita ini...

    Pendidikan

    5/pendidikan/feat2