• Breaking News

    Dinsos PPPA Kabupaten Sijunjung adakan Sosialisasi PUG


    Sijunjung, (Sumbarkini.com) - Aparatur Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Sijunjung adakan Sosialisasi Penguatan Kelembagaan Pengarusutamaan Gender (PUG) bagi OPD, Aparatur Kecamatan dan Nagari se Kabupaten Sijunjung Tahun 2019.

    Sosialisasi yang dilaksanakan di Gedung Pertemuan Pancasila Muaro Sijunjung, Selasa ( 2/4 ) ini dibuka Bupati Sijunjung diwakili Asisten I, Yenuarita, SH. M.Hum serta dihadiri Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi Sumatera Barat, Drs. Besri Rahmad, MM, Bapppeda Provinsi Sumbar, Kepala OPD, Camat Beserta Wali Nagari se Kabupaten Sijunjung.

    Dalam sambutannya Yenuarita menyampaikan bahwa pelaksanaan PUG ini bertujuan untuk penyelenggaraan pembangunan antara perempuan dan laki laki memperoleh akses yang sama dalam sumber daya pembangunan dan berpartisipasi yang sama serta mempunyai kontrol yang sama dalam semua akses pembangunan.

    "Maka dari itu tujuan sosialisasi penguatan kelembagaan PUG bisa dilaksanakan disemua tatanan pemerintahan mulai dari nagari dan desa sampai ke tingkat nasional," ucapnya.

    Secara pemerintahan dalam RPJMD Kabupaten Sijunjung tahun 2016 - 2021 kegiatan PUG sudah tertampung dalam Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak maupun OPD lainnya.

    " Sebenarnya PUG sudah kita lakukan, namun karena tidak satu pandangan terhadap konsep Gender, seolah olah daerah belum melakukan yang namanya konsep Gender itu sendiri. Maka melalui sosialisasi penguatan kelembagaan PUG ini diharapkan bisa memahami dan melakukan disetiap nagari serta kecamatan mulai dari proses perencanaan, pelaksanaan maupun evaluasinya," kata Asisten I yang biasa disapa Mama ini.

    "Sehingga secara kabupaten dan provinsi maupun Nasional kata Mama, kita sudah melakukan PUG sehingga tercapailah namanya RPJMN kesetaraan Gender dalam RPJMN 2015 - 2019 dan Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) Daerah Provinsi serta RPJMD Kabupaten Sijunjung tahun 2016 - 2021," ujar nya.

    Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Sijunjung, Yofritas ST.MT dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatam sosialisasi ini bertujuan agar kita mempunyai persepsi yang sama tentang Pengarusutamaan Gender.

    Sosialisasi ini menurutnya juga bertujuan meningkatkan kesadaran dan pemahaman para pengambil keputusan tentang pentingnya isu gender dalam kebijakan pembangunan dan mempercepat terwujudnya keadilan dan kesetaran gender serta membantu mengurangi kesenjangan gender dan menghapuskan diskriminasi terhadap perempuan dalanm pembangunan

    Peserta dari sosialisasi ini jelas Yonfritas adalah sebanyak 100 orang yang terdiri dari Kepala OPD 30 orang,Camat 8 orang dan Walinagari se Kabupaten Sijunjung sebanyak 62 orang. (andri)

    Tidak ada komentar

    Masukan dan informasinya sangat penting bagi pengembangan situs kita ini...

    Pendidikan

    5/pendidikan/feat2