• Breaking News

    Kembangkan Perekonomian Sumbar, Pemprov Dukung Kehadiran Bajojo.id

    Padang (sumbarkini.com) – Pemerintah Provinsi Sumbar sangat mendukung kehadiran bajojo.id. Hal ini diungkapkan Wakil Gubernur Sumbar, Drs. H. Nasrul Abit Dt. Malintang Panai di hadapan Forum UMKM Sumbar dan pelaku UMKM yang hadir pada launching bajojo.id di Auditorium Gubernur Sumbar, Jumat 31 Januari 2020.

    “Kami mewakili Pemprov Sumbar mengucapkan selamat atas pengukuhan Forum UMKM Sumbar dan launching pemasaran online bajojo.id. Ini adalah suatu kemajuan yang didapat dengan adanya forum ini,” ujarnya Nasrul Abit.

    Nasrul menegaskan upaya membentuk pemasaran online khusus bagi produk Sumbar pasti akan mendorong perekonomian Sumbar. Sebab dari 590 ribu usaha yang ada di Sumbar, sebaganyak 90 persen perekonomian daerah ini ditopang oleh usaha, mikro, kecil dan menengah (UMKM).

    Ketua Umum Forum UKM Sumbar menandatangani berita acara.
    "Untuk itu semua pihak diharapkan memberikan dukungan agar konsumen beralih ke bajojo.id untuk mendapatkan produk-produk UMKM Sumbar. Ini terobosan untuk meningkatkan perekonomian Sumbar,” ungkap Nasrul Abit. 

    Dalam kesempatan itu, Nasrul Abit pun mengajak masyarakat Sumbar untuk memakai produk asli Sumbar. Dicontohkannya dengan gerakan satu orang satu batik asli Sumbar, maka sungguh besar dukungannya bagi produsen yang mengembangkan batik di Sumbar.

    Wagub Sumbar menyerahkan Pataka kepada Ketua Umum Forum UKM Sumbar.

     Kepala Dinas Koperasi, UMKM Sumbar, Ir. Zirma Yusri menegaskan bahwa bajojo.id merupakan karya anak-anak muda Sumbar. Bajojo ini terintegrasi dengan Pusat Layanan Umum Daerah (PLUD).

    “Kami optimis, bajojo.id ini lebih mendorong perkembangan UMKM Sumbar. Pengelola bajojo.id melibatkan pegawai PLUD, sehingga marketplace yang dibangun lulusan SMA 10 ini bermanfaat bagi UMKM dan PLUD Sumbar,” ujarnya.

    Pengurus Forum UKM Sumbar foto bersama dengan Wagub.
    Diungkapkannya, ikatan antara bajojo.id dengan Pemrpov Sumbar lebih kuat dibanding dengan marketplace yang sudah memberikan ruang kepada prdouk UMKM Sumbar. “Lebih banyak keuntungan yang bisa didapatkan dari kerjasama kita kali ini,” ungkapnya optimis

    Pendiri Bajojo.com, Hendry Martin menyebutkan bajojo.id memberikan keleluasaan kepada pelaku UMKM untuk menentukan harga dan keuntungan yang ingin diperolehnya di bajojo.id. Bahkan pelaku UMKM itu sendiri yang menentukan berapa share profit yang diberikan kepada pengelola bajojo id.

    “Jadi berapa harga yang ditetapkan pelaku UMKM mutlak menjadi hak mereka. Sementara pengelola mendapatkan share profit dari yang ditetapkan pelaku UMKM. Marketplace ini kita khususkan bagi UMKM Sumbar,” ujarnya.

    Pengurus Forum UKM Sumbar foto bersama usai pengukuhan.

    Ketua Umum Forum UMKM Sumbar, Nevi Zuairina menyatakan terbentuknya Forum UMKM Sumbar merupakan cita-cita sejak awal memimpin Dekranasda pada delapan tahun lalu. “Meski baru sekarang terwujudnya, diharapkan apa yang dilaunching hari ini dapat memberikan dorongan besar bagi pengembangan UMKM Sumbar ke depannya,” usai pengukuhan kepengurusan Forum UMKM Sumbar.

    Nevi menyebutkan ide membangun pusat pemasaran online khusus produk Sumbar ini disambut oleh anak muda Sumbar yang berkiprah di bagian IT perusahaan selular terkemuka di tanah air. Anak muda ini bersama rekan-rekannya berkeinginan pula memanfaatkan ilmu mereka buat memajukan daerahnya.

    Ketua Panitia, Rinaldi SP Dt Rajo Mangkuto, menyatakan kita tahu Sumbar, forum-forum UMKM ini banyak. Forum UMKM tingkat Sumbar sudah hadir sejak 2016. 

    UMKM Sumbar ini sangat mendominasi perkembangan usaha di Sumbar. Untuk membantu pemasarannya dihadirkanlah bajojo.id. "Ini ide Buk Nevi yang coba diwujudkan forum dengan  merangkul generasi milenilal yang telah terbiasa dengan gadget dan teknologi digital," ulasnya. (zul/elsi)

    Tidak ada komentar

    Masukan dan informasinya sangat penting bagi pengembangan situs kita ini...

    Pendidikan

    5/pendidikan/feat2