• Breaking News

    Wagub Nasrul Abit Serahkan Bantuan Bagi Korban Banjir dua Kecamatan di Sijunjung


    SIJUNJUNG,(Sumbarkini.com) - Wakil Gubernur Sumatera Barat H.Nasrul Abit bersama OPD terkait serta didampingi Bupati Sijunjung H.Yuswir Arifin serta kepala OPD meninjau langsung kawasan yang dilanda musibah banjir dan longsor, Rabu (22/1) serta menyerahkan bantuan kepada korban di Kecamatan Tanjung Gadang dan Kamang Baru.

    Bantuan kepada korban banjir di Kabupaten Sijunjung tersebut diserahkan lansung oleh Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit kepada Bupati Sijunjung Yuswir Arifin di posko bantuan banjir Kiliran Jao Kecamatan Kamang Baru. Bantuan dari pemerintah provinsi Sumbar tersebut berupa mie instan, beras dan sembilan kebutuhan pokok yang sangat dibutuhkan korban pasca banjir.

    Sebelum penyerahan bantuan tersebut, Wakil Gubernur bersama dengan Bupti Sijunjung yang diikuti oleh sejumlah kepala OPD Pemerintah Provinsi Sumbar dan Pemkab Sijunjung meninjau jembatan yang rusak parah akibat diterjang banjir dan areal persawahan milik warga yang gagal tanam dan panen akibat musibah banjir tersebut di Kecamatan Tanjung Gadang.

    Usai melihat kondisi jembatan yang rusak parah tersebut, Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit  langsung meminta kepada kepala dinas teknis seperti Dinas PSDA Provinsi Sumbar untuk merencakan perbaikan pada tahun 2020 ini. Untuk mencegah kerusakan berulang akibat luapan air sungai, Wagub  meminta untuk merekontruksi tebing sungainya (normalisasi) agar jembatan lebih tahan terhadap tekanan banjir di masa mendatang.

    “Normalisasi tebing sungainya supaya mampu menahan tekanan pada saat volume air sungai meningkat tajam,” katanya yang didengar langsung oleh Bupati Sijunjung Yuswir Arifin.

    Selain meninjau kawasan Tanjung Lolo, wakil Gubernur beserta rombongan juga berangkat menuju ke Kiliran Jao Kecamatan Kamang Baru untuk menyerahkan bantuan kepada korban banjir di Nagari Muaro Takung Kecamatan Kamang Baru yang diterima oleh Bupati Sijunjung Yuswir Arifin  berupa Matras, Selimut, mie instan, peralatan sekolah serta perlengkapan bayi dan kebutuhan lainnya. 

    Dalam kunjungannya, Wakil Gubernur Sumbar  didampingi oleh Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumbar, Kepala Dinas Sosial,  dan Kepala PSDA Provinsi Sumbar dan sejumlah instansi terkait lainnya. Kadis PSDA Rifda suriani
    Kadis sosial Jumadi

    Dalam mengatasi musibah bencana alam seperti banjir ke depannya, Wakil Gubernur mengatakan pemerintah akan mengalokasikan lebih banyak lagi dana cadangan untuk bencana di tiap­ tiap kabupaten dan instansi terkait.

    “Melihat dari pengalaman bencana sebelumnya dan proses penanganan di kabupaten, kita akan pengusulkan supaya dana cadangan siap pakai untuk bencana ditingkatkan di kabupaten dan instansi terkait, sehingga proses penanggulanan dan penanganan bencana di daerah ini dapat lebih maksimal,” ujar Nasrul Abit.
    (Andrayanto)

    Tidak ada komentar

    Masukan dan informasinya sangat penting bagi pengembangan situs kita ini...

    Pendidikan

    5/pendidikan/feat2