• Breaking News

    Dampak Limbah Kamar Mandi dan Septiktank Terhadap Kualitas Air.


    Sijunjung, Sumbarkini.com - Air merupakan sumber kehidupan, kalau air yang dikonsumsi kotor dan tercemar tidak baik bagi kesehatan. Salah satu penyebab air kotor dan tercemar bisa dari limbah kamar mandi dan septiktank dari masyarakat.

    Defri Antoni yang merupakan mahasiswa S3 Kajian Lingkungan dan Pembangunan di Universitas Negri Padang (UNP) pada saat melakukan penelitian di Kecamatan Koto VII, Kabupaten Sijunjung selama bulan Mei 2020 kemaren menyebutkan bahwa, masyarakat di kecamatan Koto VII masih banyak yang menkonsumsi air dari sumur dangkal dan PDAM.

    "Air sumur dangkal tersebut bisa tercemar dan kotor karena limbah kamar mandi dan septiktank dari masyarakat yang tidak terawat dengan baik dan berakibat air berbau dan berwarna nantinya,"ucap Defri

    Hal ini menurut Defri terjadi karena masyarakat kurang mengetahui tentang kesehatan lingkungan serta belum adanya pemahaman sebagian masyarakat tentang pencemaran air bersih oleh limbah kamar mandi dan septiktank yang akan beresiko pada lingkungan tersebut.

    Untuk itu Ia menghimbau dan mengajak masyarakat untuk memperhatikan serta mengetahui tentang dampak buruk dari pencemaran air pembuangan kamar mandi dan saptiktank tersebut.

    " Marilah kita bersama sama memperhatikan kebersihan dan merawat septiktank di rumah kita masing masing, jangan sampai jarak septiktank kita dekat dengan sumur karena akan bisa membuat sumur tercemar, serta  limbah kamar mandi diharapkan jangan langsung ketanah, tetapi kalau bisa di olah terlebih dahulu ,"ajak Defri Antoni.

    (Andri)

    Tidak ada komentar

    Masukan dan informasinya sangat penting bagi pengembangan situs kita ini...

    Pendidikan

    5/pendidikan/feat2