• Breaking News

    Dibuka Wabup Iraddatillah, Dinas Parpora Sijunjung Adakan Pelatihan Pemandu Wisata Alam Geowisata


    SIJUNJUNG (Sumbarkini.com) - Wakil Bupati Sijunjung, H. Iraddatillah, S.Pt membuka secara resmi Pelatihan Pemandu Wisata Alam Geowisata yang diselenggaran Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Parpora) Kabupaten Sijunjung di Hotel Bukit Gadang, Muaro Sijunjung, Kamis 21 Oktober 2021.

    Dalam sambutannya Wabup Iraddatillah  menyebutkan bahwa  wisata alam minat khusus geowisata menjadi solusi untuk memanfaatkan kekayaan geologi yang dimiliki Kabupaten Sijunjung 

    “Konsep geowisata adalah bagaimana pengelolaan geowisata mampu mengoptimalkan potensi alam menjadi bernilai tambah bagi kesejahteraan ekonomi masyarakat lokal sekaligus mampu menekan seminimal mungkin potensi kerusakan alam,” ucapnya.

    Wabup Iraddatillah mengharapkan melalui pelatihan tersebut dapat memberikan pemahaman kepada para peserta pelatihan sehingga mereka mampu mengimplematasikan kompetensinya dengan dasar sikap dan etika yang baik untuk meningkatkan kualitas pelayanan yang handal dalam pengembangan kepariwisataan dan menghasilkan tenaga terampil di bidang pemanduan wisata

    Kepala Dinas Parpora Kabupaten Sijunjung,  Afrineldi, SH dalam sambutannya menjelaskan pemandu wisata merupakan ujung tombak industri pariwisata. "Oleh karena itu melalui pelatihan ini diharapkan bisa menghasilkan pemandu wisata alam geowisata yang memiliki kapabilitas dan professional dalam melaksanakan tugasnya sebagai pemandu wisata serta menjaga citra pariwisata di Kabupaten Sijunjung,"ujarnya.

    “Kepada para peserta saya mengharapkan agar dapat mengikuti dan berperan serta mendukung langkah-langkah geowisata di Kabupaten Sijunjung ini ,” ucap Neldi

    Ketua Panitia pelaksana, Okta Yendra Puta, SS.M.Eng menyebutkan bahwa kegiatan ini akan berlangsung selama tiga hari, dimulai pada Kamis hingga Sabtu (21 - 23/10) dengan 2 hari teori dan 1 hari praktek lapangan.

    "Peserta berjumlah 40 orang yang berasal dari 16 nagari dan ditambah dengan Dewan Pimpinan Cabang  (DPC) HPI (Himpunan Pramuwisata Indonesia)  serta DPC Masata (Masyarakat Sadar Wisata) se Kabupaten Sijunjung dengan narasumber dari unsur pemerintah daerah, dosen, asosiasi dan praktisi," ujar Okta Yendra. (Andri)


    Tidak ada komentar

    Masukan dan informasinya sangat penting bagi pengembangan situs kita ini...

    Pendidikan

    5/pendidikan/feat2