• Breaking News

    Kafilah Sijunjung Dominasi Cabang Qiraat dan Tahfiz di MTQ Tingkat Sumbar. Bupati Benny: Ini proses kita belajar, tetap semangat.

    SIJUNJUNG, (Sumbarkini.com) - Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) Nasional ke-39 Tingkat Provinsi Sumbar yang digelar di Kota Padang Panjang selesai digelar. Upacara penutupan dilaksanakan pada Jumat (19/11).

    Pada ajang tersebut sebanyak lima cabang kafilah dari Kabupaten Sijunjung masuk babak final dan berhasil meraih juara. Lima kafilah tersebut membawa nama Ranah Lansek Manih untuk berdiri di panggung utama menerima 

    Lima cabang itu diantaranya Cabang Qira'at Mujawwad Dewasa atas nama Gilfon Sumbara berhasil meraih terbaik I, Cabang Qira'at Muratthal Dewasa (PI) atas nama Norva Yuliani meraih terbaik I.

    Cabang Hafiz 10 Juz Non Tilawah atas nama Muhammad Farhan Maizar berhasil meraih terbaik II, Cabang Hafiz 5 Juz Tilawah atas nama Jihan Kesuma meraih terbaik II, dan Cabang Kaligrafi Hiasan Mushaf atas nama Waidis meraih terbaik III. 

    Cabang M2IQ atas nama Nabillah El Mumtaza meraih harapan I, Cabang Tartil Dasar (PA) atas nama Adib Arja Pratama meraih harapan II. 

    Hal itu dibenarkan oleh Sekretaris Umum LPTQ Kabupaten Sijunjung, Yoni Hendra, MA. "Alhamdulillah lima kafilah kita berhasil meraih juara pada beberapa cabang. Dua cabang kita mendapatkan terbaik I, dua cabang terbaik II dan terbaik III pada satu cabang," tutur Yoni Hendra, MA.

    Dengan capaian tersebut, Kabupaten Sijunjung memperoleh sebanyak 17 poin dari 11 cabang dan 39 kategori yang diikuti pada MTQ ke-39 kali ini. 

    Penghitungan poin berdasarkan akumulasi masing-masing juara yang diperoleh. Terbaik I mendapatkan 5 poin, terbaik dua III poin dan terbaik III sebanyak 1 poin. "Untuk yang harapan tidak terhitung poin," sebut Sekum LPTQ Sijunjung.

    Berikut 10 kabupaten/kota yang memperoleh peringkat terbaik pada ajang MTQ Nasional ke-39 Tingkat Provinsi Sumbar yang digelar di Kota Padang Panjang tahun 2021.

    Juara umum diperoleh Kota Padang, Tanah Datar nomor 2, disusul Kota Pariaman nomor 3. Kabupaten Pasaman nomor 4, Kabupaten Agam nomor 5, Padang Pariaman nomor 6, Padang Panjang nomor 7, Bukittinggi nomor 8, Pasaman Barat nomor 9 dan nomor 10 Kota Solok.

    Sebelumnya Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir sempay mendatangi kafilah MTQ Sijunjung. Bupati datang memberikan semangat dan dukungan jelang bertanding.

    "Kita tidak menuntut apapun. Harus juara atau harus menang, bukan. Kita hanya minta berikanlah yang terbaik untuk Sijunjung," terang Bupati Benny Dwifa saat mengunjungi kafilah.

    Meski demikian, pada MTQ Tingkat Provinsi kali ini para kafilah yang diutus mayoritas merupakan putra/putri terbaik asal Kabupaten Sijunjung yang tersebar pada delepan kecamatan yang ada.

    "Ini merupakan bagian dari proses kita belajar untuk masa akan datang. Dari sinilah potensi itu akan muncul. Tetap semangat, dan kita yakin para kafilah telah berbuat yang terbaik," ungkap Bupati  Benny Dwifa. (ndo)

    Tidak ada komentar

    Masukan dan informasinya sangat penting bagi pengembangan situs kita ini...

    Pendidikan

    5/pendidikan/feat2