• Breaking News

    Rayakan HUT ke -23, KPA Batu Gando Sijunjung Gelar Syukuran Doa Bersama

    SIJUNJUNG (Sumbarkini.com) - Kelompok Pencinta Alam (KPA) Batu Gando rayakan ulang tahun ke - 23  dengan menggelar syukuran dan doa bersama yang dilaksanakan di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Simpang Logas Muaro Sijunjung pada selasa 22 Maret 2022 malam.

    Penanggung jawab acara, Bripka Sepman Hadi, SH pada kesempatan tersebut menyampaikan bahwa rangkaian perayaan HUT KPA Batu Gando ke - 23 ini digelar secara sederhana dengan menggelar syukuran dan doa bersama 

    " Doa bersama ini dilaksanakan sekaligus akan memasuki bulan suci ramadan. Perayaan ini juga dilakukan pemotongan kue, giat bakti sosial dan ditutup dengan makan bersama sambil membicarakan perkembangan KPA Batugando kedepan serta mengevaluasi kegiatan ditahun sebelumnya,"ujar Sep.

    Sekilas Sepman Hadi menceritakan tentang KPA Bantu Gando,  yang mana KPA BATU GANDO merupakan sebuah organisasi penggiat alam yang berdomisili di Kabupaten Sijunjung tepatnya letak sekretariat  dijalan Sudirman No 80 Muaro Sijunjung.

    Organisasi ini ujar Sepmanhadi berdiri pada 14 Maret 1999 oleh sekelompok pemuda yang memiliki hobi berkegiatan di alam bebas dan berjiwa sosial, 

    "Dikarenakan memiliki visi yang sama maka mereka bersepakat untuk mendirikan sebuah organisasi yang dapat menaungi pemuda/i dengan visi dan semangat yang sama didalam suatu organisasi, jelas Sep.

    Sesuai dengan logo batu gando yaitu 3 aliran sungai diantaranya batang Ombilin, batang sukam dan batang palangki yang mana tiga sungai menjadi satu yaitu sungai batang kuantan dan di tengah pertemuan sungai terdapatlah sebuah batu dan dinamakan Batu Gando dan dari sanalah nama organisasi ini di ambil

    "Pada usia yang ke-23th ini batu gando memiliki moto Bangkit, solid dan peduli. Sejak awal berdiri hingga melahirkan 7 angkatan dengan jumlah anggota 68 orang diantaranya Pendiri, Sembilan Lembah, Panca Lereng, Istimewa, Bukit Naga, Lubuak Murai dan Angkatan Muda,"ujarnya.

    Disampaikan Sepman bahwa seluruh anggota batu gando sebelum dapat bergabung telah melalui berbagai macam seleksi dan pendidikan guna bekal para anggota dalam melakukan kegiatan di alam bebas, beberapa materi yang di dapat oleh anggota dalam pendidikan yaitu, management perjalanan, iklim medan, navigasi darat, mountenering, PPGD, survival dan berbagai materi dasar lainya.

    KPA Batu Gando bergerak dalam berbagai macam kegiatan seperti kebencanaan, pencarian orang hilang, eksplorasi daerah baru, pembukaan lokasi wisata baru dan pengasil bibit atlit panjat tebing dan arung jeram. 

    Pada seluruh kegiatanya KPA Batu Gando selalu bersinergi dengan pemerintah daerah Kab. Sijunjung, bentuk sinerginya seperti kebencanaan dengan BPBD, legalitas organisasi dengan Kesbangpol, PARPORA perihal aktivitas wisata, 

    "Oleh karena itu KPA Batu Gando selalu bersyukur dan berterimakasih kepada Pemkab yang selalu mensuport dan mendukung Batu Gando sehingga dapat mencapai umur yang ke 23 tahun, dan pada tahun ini KPA Batu Gando juga berencana akan mengadakan kembali pendidikan guna meregenasasi anggota sehingga dapat selalu eksis sebagai sebuah organisasi di Kabupaten Sijunjung,"tutup Sepmanhadi.

    (Andri)

    Tidak ada komentar

    Masukan dan informasinya sangat penting bagi pengembangan situs kita ini...

    Pendidikan

    5/pendidikan/feat2