• Breaking News

    Festival Maek Siap Digelar 17-20 Juli 2024 dengan Dana APBD Provinsi Sumatera Barat




    Padang(Sumbarkini.com )- Festival Maek, yang didanai melalui pokok-pokok pikiran (Pokir) Ketua DPRD Sumatera Barat Supardi, akan berlangsung dari 17 hingga 20 Juli 2024.

    Hal tersebut disampaikan dalam acara sosialisasi Festival Maek yang dihadiri oleh Pimpinan Redaksi Media se-Sumatera Barat pada Selasa, 9 Juli 2024, di ruang khusus I DPRD Provinsi Sumatera Barat.

    Ketua DPRD Provinsi Sumatera Barat Supardi mengungkapkan harapannya agar festival ini bisa digelar tiga kali dengan dana dari APBD Provinsi Sumatera Barat.

    "Ini adalah langkah awal. Kami berharap Dinas Kebudayaan Sumbar dapat menyelenggarakan festival ini sebanyak tiga kali, kemudian dilanjutkan secara mandiri oleh masyarakat setempat," kata Supardi.

    Supardi menambahkan, jika Festival Maek dipromosikan dengan baik, maka akan menarik wisatawan, termasuk dari luar negeri. "Bayangkan jika wisatawan asing datang dengan dolar mereka, tentu ini akan meningkatkan pendapatan daerah dan masyarakat kita," ujarnya.

    Selain itu, Supardi berharap UNESCO tertarik untuk meneliti dan mungkin menetapkan Festival Maek sebagai warisan dunia.

    Kepala Dinas Kebudayaan Sumatera Barat, Jefrinal Arifin, mengucapkan terima kasih kepada Ketua DPRD Sumbar yang telah mengalokasikan dana sebesar Rp3,8 miliar melalui Pokir untuk festival ini. "Kami mengapresiasi perhatian ketua DPRD untuk Festival Maek ini," katanya.

    Jefrinal juga menjelaskan rangkaian kegiatan pra-festival yang sudah dimulai sejak 8-10 Mei dengan Workshop Nagari Maek, residensi dari 11-30 Juni, pameran pada 14-16 Juli di Gedung Gambir Kota Payakumbuh, serta diskusi pada 14-16 Juli di Aula Kantor Walikota dan Agamjua Art and Cafe Culture.

    Festival Maek sendiri akan digelar pada 17-20 Juli di Nagari Maek, Kabupaten 50 Kota, dengan berbagai pertunjukan dan diskusi. Sementara itu, acara pasca festival dijadwalkan pada 24 Agustus di Agamjua Art and Cafe Culture.(ramadhan)

    Tidak ada komentar

    Masukan dan informasinya sangat penting bagi pengembangan situs kita ini...

    Pendidikan

    5/pendidikan/feat2