Header Ads

ad728
  • Breaking News

    Mari Upayakan BUMD Bermanfaat bagi Daerah

    Anggota DPD RI dan rombongan temu ramah dengan Kepala Inspektorat Sumbar.
    Padang (sumbarkini.com) - Pembentukan badan usaha milik daerah (BUMD) dan penyertaan modal daerah ke dalamnya bertujuan positif. Bagi laba dari BUMD ini jauh lebih besar dari hasil deposito.

    Makanya DPRD dan Gubernur Sumbar bertekad bulat untuk mendirikan BUMD. "Kami sepakat untuk membentuk BUMD. Sehingga dibentuklah PT ATS, PD Dinamika dan PT Grafika dengan harapan memberikan bagi laba yang lebih besar buat pendapatan asli daerah (PAD) Sumbar," ujar Anggota DPD RI H. Leonardy Harmainy Dt. Bandaro Basa saat temu ramah dengan Kepala Kantor Inspektorat Sumbar, Senin (30/4).

    Terkait posisi BUMD yang cenderung merugi, Leonardy pun mendapat penjelasan dari Inspektorat seputar pengawasan yang mereka lakukan. Para inspektur tak bisa melakukan pemeriksaan keuangan secara lebih mendalam hingga akhirnya ATS dan Dinamika harus dikuidasi.

    Inspektur yang kapabel melakukan audit, tersertifikasi dan diterima penuh hasil pemeriksaannya belum memadai. Kini ada empat inspektur. Jika ditambah atau direkrut khusus tenaga untuk itu, tak pula bisa lantaran BUMD yang diawasi jumlahnya berkurang. 

    Leonardy juga mengungkapkan kenapa Pemprov dan DPRD menilai perlu membangun Hotel Balairung di lahan yang sebelumnya berdiri Kantor Perwakilan Sumbar di Jakarta.

    Kantor perwakilan, kata Leonardy saat itu sudah kurang layak digunakan untuk penginapan pejabat Sumbar. Lokasinya sangat strategis. Sangat prospektif jika dijadikan hotel. Perwakilan berkantor di sana.

    "Sayangnya belum semua jajaran pemerintah daerah di Sumbar yang memanfaatkan Balairung. Balairung pun belum memberikan bagi laba terhadap PAD Sumbar. Untung digerus oleh biaya operasional yang tinggi," ujar Mantan Ketua DPRD Sumbar itu.

    Dia menghimbau semua aparat pemerintah daerah di Sumbar dan anggota legislatif lebih memanfaatkan Balairung jika berurusan di Jakarta. Selain letaknya strategis, harga kamar pun lebih murah jika dibandingkan fasilitas dan luas kamar hotel lain. (*)

    Tidak ada komentar

    Masukan dan informasinya sangat penting bagi pengembangan situs kita ini...