• Breaking News

    JK akan Kunjungi UNP Dampingi Kewirausahaan Mahasiswa



    PADANG (Sumbarkini)- Besok, Selasa (2/5) Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla (JK) mengunjungi Universitas Negeri Padang (UNP) yang kedua kalinya dalam rangka menindaklanjuti Minang Entreprenur Award (MEA) Tingkat Mahasiswa se-Sumatera Barat (Sumbar) yang diselanggarakan tahun lalu.

    Informasi itu disampaikan oleh Rektor UNP, Prof. Ganefri, Ph.d., dihadapan awak media terkait agenda JK datang ke kampus yang ia pimpin itu. Dalam paparannya ia menyampaikan, JK datang ke UNP dalam rangka pendampingan kewirausahaan mahasiswa usai MEA yang dirancang tahun 2017 lalu.

    “Paginya JK membuka Seminar Kebencanaan di Universitas Andalas (Unand), lalu bertolak ke UNP untuk mendampingi 30 kelompok kewirausahaan mahasiswa yang menang pada MEA tahun lalu,” kata Ganefri di Ruang Sidang Rektor UNP, Senin (30/4).

    Ia memaparkan, bahwa tujuan JK ke UNP ini untuk mendorong mahasiswa menjadi pengusaha, yang kini dinilainya mulai luntur. Kemudian, sekaligus juga menarik BUMN dan pengusaha Sumbar ikut berpartisipasi menyukseskan program MEA di Sumbar dalam menciptakan wirausahawan muda.

    “Saat ini pengusaha kita masih minim, mahasiswa yang berwirausahaan juga minim, jadi perlu dorongan agar lahir pengusaha-pengusaha muda Minang ke depannya. Saat ini BUMN yang sudah berpartisipasi BRI, BTN, Mandiri, dan Bank Nagari,” ujar Rektor UNP ini.

    Lebih lanjut ia menjelaskan, dalam kunjungan JK ke UNP ini terdapat sebanyak 40-50 stand jenis wirausahaan mahasiswa yang akan dipamerkan di Auditorium UNP tersebut. Stand itu terdiri dari wirausaha mahasiswa Pendidikan Tinggi Negeri (PTN) dan Pendidikan Tinggi Swasta (PTS) se Sumbar.

    Saat ini kata Ganefri, terdapat 80 kelompok mahasiswa kewirausahaan yang sudah mendaftar. Ia menilai hal ini banyaknya minat mahasiswa yang menjadi pengusaha yang akan datang. Sekaligus katanya, bukti tumbuhnya mindset mahasiswa untuk menciptakan lapangan kerja daripada mencari kerja.

    “Rencana awal 3.500 mahasiswa yang diundang, tapi banyaknya stand yang akan dipajangkan, jadi kita batasi karena tempat sepertinya tidak memungkinkan,” jelas mantan Ketua Kopertis X ini.

    Terkait alasan JK diundang ke UNP, ia menjelaskan JK termasuk yang mencetus ide MEA tahun 2017 yang lalu. Selain itu, ia menilai JK juga sangat peduli dengan dunia kewirausahaan mahasiswa. Hal ini katanya banyaknya dorongan JK untuk mampu melahirkan saudagar Minang ke depannya.

    Atas jasa JK tersebut, Ganefri mengatakan akan memberikan piagam pengahargaan kepada JK, yang akan ditandatangi oleh tiga Rektor PTN di Sumbar, yakni Rektor UNP, Rektor Unand, dan Rektor UIN-IB Padang. Piagam itu katanya sebagai wujud terima kasih atas kepedulian JK kepada mahasiswa di Sumbar selama ini.

    “JK itu saudagar dari Bugis, jadi sangat mendorong mahasiswa Sumbar untuk jadi pengusaha yang berintelektual, untuk menciptakan lapangan kerja bukan pencari kerja,” pungkas Ganefri mengakhiri. (why)

    Tidak ada komentar

    Masukan dan informasinya sangat penting bagi pengembangan situs kita ini...