• Breaking News

    Kerjasama dengan Minang Mart Untungkan Koperasi

    Koperasi pengelola UKM Mart dan Kop Mart di berbagai daerah di Sumbar sangat berpotensi
    berafiliasi ke Minang Mart. Banyak keuntungan yang dirasakan koperasi yang sudah bergabung ke Minang Mart.

    Beberapa diantaranya telah bergabung, seperti Koperasi Pegawai Negeri Kapur Warna Nanggalo, Koperasi Pegawai Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Sumbar, Koperasi Sarana Jaya Bersama Korong Gadang dan lainnya.

    Risman, Ketua Pegawai Negeri Kapur Warna Nanggalo mengungkapkan perkembangan besar yang dialami usaha ritel koperasinya. Dulu, waserda koperasi itu hanya membukukan transaksi Rp2-3 juta per hari. Kini rata-rata mencapai Rp9 juta per hari.

    Dari penjualan harian itu sudah lebih dari cukup untuk menutupi biaya operasional mereka seperti listrik, gaji karyawan dan lainnya.

    Pengurus koperasi tak perlu bingung lagi dalam memikirkan stok, monitor dan pengontrolan inventory/stok, tidak ada biaya royalty/manajemen fee (alias gratis). Paling penting sekali omset dan keuntungan bisa diketahui langsung. Baik oleh koperasi/toko mitra maupun di kantor pusat Minang Mart.

    “Karena kita bisa tahu keuntungan harian, kita bisa memprediksi kapan bisa break event point (balik modal). Ini yang membuat semua gembira dengan kehadiran Minang Mart di koperasi kami,” ujar Risman tersenyum.

    Ditegaskan Risman, keberaniannya mempertaruhkan kepercayaan yang diberikan anggota kepadanya dengan bergabung ke Minang Mart lantaran melihat peluang besar bagi pengembangan ritel koperasi mereka.

    Manajer dan karyawan dilatih Minang Mart sehingga mereka bekerja memakai standar. Digaji  sesuai standar dan jika tidak layak, dianjurkan diganti oleh mereka.

    Risman pun mengungkapkan tertarik ikut dalam usaha pengembangan kebun kopi yang ditawarkan Koperasi Produsen Serba Usaha Solok Radjo. Dia melihat ada peluang bagus untuk peningkatan usaha koperasi yang dia pimpin.

    Dari uraian Risman dapat diketahui besar peluang serta keuntungan yang didapat koperasi jika bermitra dengan Minang Mart. Usaha di bawah bendera PT Retail Minang Mart (PT RMM) punya software terintegrasi sehingga terhindar dari stok mati, over stok, dan stok kedaluwarsa. Order barang pun hanya ke satu titik, yaitu ke PT RMM. Tak perlu pusing melayani salesman/canvasser lagi. (z01)

    Tidak ada komentar

    Masukan dan informasinya sangat penting bagi pengembangan situs kita ini...

    Pendidikan

    5/pendidikan/feat2