• Breaking News

    Bantuan Kemdiknas Diutamakan bagi PAUD Berkualitas

    Padang - Pendidikan anak usia dini (PAUD) bakal diwajibkan pemerintah. Nantinya masuk SD harus ada surat keterangan dari PAUD, baru seorang anak bisa diterima.

    Makanya pemerintah mulai tahun 2016 memperhatikan sekali keberadaan PAUD ini. PAUD diupayakan berkualitas.

    Upaya ini diprioritaskan untuk daerah terluar, tertinggal dan terdepan (3T). Pengelola PAUD diberi bantuan hingga Rp1 miliar. Cuma, PAUD berkualitas saja yang bisa memperoleh bantuan itu. Hal tersebut diungkapkan Kasi Sarana dan Prasarana Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini Kementerian Pendidikan Nasional, Robert di Rumah Belajar Pelangi Nusa, Sabtu (23/12)

    “Mulai 2017 ini, pemerintah bakal memberlakukan wajib PAUD kepada anak-anak kita. Jadi kedepan tidak bisa lagi masuk SD tanpa melewati masa-masa di PAUD dengan alasan ketiadaan biaya,” ujar Robert.

    Menurut Robert, PAUD diberi bantuan oleh pemerintah. Pengelola diberi bantuan alat peraga edukatif, biaya rehab gedung, pembuatan ruang kelas baru hingga dibantu unit gedung baru. Bantuan bertambah jika PAUD menerima anak berkebutuhan khusus.

    Ditegaskannya, pengelola PAUD yang concern untuk mendidik anak usia dini yang sudah beroperasi tiga tahun boleh mengajukan permintaan bantuan. Namun Robert mengingatkan tak semua yang bisa diberikan bantuan ini. Hanya yang berkualitas bisa mendapatkannya. Syarat lainnya, tanahnya haruslah milik PAUD

    “Kita tidak sembarang memberikan. Ada visitasi dan survey. Dari 3000 yang mengajukan, hanya 100 yang kita bantu. Kita melihat kualitasnya. Tahun depan akan kita tingkatkan lagi,” ungkap Robert. (nij)


    Tidak ada komentar

    Masukan dan informasinya sangat penting bagi pengembangan situs kita ini...

    Pendidikan

    5/pendidikan/feat2