• Breaking News

    UBH Adakan Seminar untuk Tingkatkan Kualitas Guru

    Padang - Universitas Bung Hatta menyelenggarakan seminar pendidikan bertajuk Penguatan
    Pendidikan Karakter, Kompetensi dan Literasi Abad 21. Kegiatan ini dimaksudkan untuk meningkatkan kualitas guru ini bertempat di Aula Balairung Caraka Gedung B Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta, Rabu (10/01)

    Seminar diikuti 100 peserta yang berasal dari Kepala Sekolah dan Guru BK SMA/MA sederajat di Sumatra Barat. Dosen Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan pun ada pada iven yang menghadirkan pembicara Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatra Barat Burhasman dan Rektor Universitas Bung Hatta Prof. Dr. Azwar Ananda.

    Rektor Universitas Bung Hatta mengatakan, ”Seminar ini upaya Universitas Bung Hatta sebagai perguruan tinggi untuk memberikan sumbangsih terhadap peningkatan mutu pendidikan di Sumatra Barat. UBH harus berperan dalam menciptakan SDM berkualitas dan berkompeten sehingga dapat beradaptasi di era zaman now ini.”

    Azwar Ananda menyebutkan kegiatan ini sejalan dengan program dinas untuk memberikan pembinaan kepada Kepala Sekolah dan guru dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan. “Hal ini juga sesuai dengan empat pilar pendidikan dari UNESCO yaitu Learning to know, to do, to be dan to live together serta tambahannya Learning To Believe in God,” ujarnya.

    Dengan kegiatan ini dapat mendambah wawasan dan memperkuat jaringan silaturahmi dan kerja sama dengan dinas dan sekolah-sekolah dalam rangka praktik lapangan atau magang serta penelitian. Kemudian untuk menjembatani kebutuhan pelajar dalam mencari informasi program studi ketika melanjutkan pendidikan tinggi.

    Dalam kesempatan ini Rektor Universitas Bung Hatta Prof. Dr. Azwar Ananda, MA menyampaikan materi seputar karakter Hatta dan implikasi dalam pembelajaran. Bung Hatta sebagai founding fathers and public figur yang hemat, jujur, dan pemikiran Bung Hatta dalam bidang politik, ekonomi, dan kehidupan sosial budaya agama. Penerapan karakter ketokohan Bung Hatta dalam kehidupan
    lingkungan kerja telah teruji untuk diteladani.

    “Bung Hatta amat jarang disebut sebagai Bapak Pendidikan padahal hampir semua pribadi dan kehidupan beliau patut diteladani sebagai guru yang hakiki. Filosofi pendidikan Bung Hatta meliputi Alam takambang jadi guru, pendidikan sepanjang hayat. Kemudian pendidikan syarat untuk meningkatkan derajat insan dan bangsa secara hakiki, pendidikan berlandaskan moral, religiusitas dan pendidikan beprinsip meningkatkan martabat manusia,” jelasnya.

    Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatra Barat Drs. H . Burhasman, MM memberikan pemaparan mengenai pembelajaran abad 21dengan penguatan pendidikan karakter, peningkatan kompetensi dan penguasaan literasi dasar. Ia mengatakan gelombang perubahan era global abad 21 itu harus penguatan SDM pendidikan dimana guru harus merespon perubahan secara proaktif dan sebagai motivator dan inspirator. (404)

    Tidak ada komentar

    Masukan dan informasinya sangat penting bagi pengembangan situs kita ini...

    Pendidikan

    5/pendidikan/feat2