• Breaking News

    Pemerintah Jepang Berikan Hibang ke MTs Peutoe ke Aceh Utara


    Lhoksukon - Pemerintah Jepang memutuskan untuk memberikan dana hibah senilai Rp 960.832.750
    untuk pembangunan gedung sekolah MTs Peutoe di Gampong Manyang, Kecamatan Lhoksukon, Kabupaten Aceh Utara. Hibah melalui program Grant Assistance for Grass-roots Human Security Projects untuk pembangunan ditandatangani pada Selasa, 6 Maret 2018.

    Acara tersebut dihadiri Nuryaumin, Ketua Yayasan Tanah Rencong dan Bapak Takeshi ISHII, Konsul Jenderal Takeshi ISHII dari Konsulat Jenderal Jepang di Medan.

    Menurut Ketua Yayasan MTs. Peutoe yang akan melaksanakan proyek pembangunan gedung sekolah merupakan satu-satunya sekolah menengah pertama di Gampong Manyang.  Sejak didirikan pada tahun 2003 sampai tahun 2005 MTs. Peutoe tidak memiliki gedung sekolah sendiri dan melaksanakan kegiatan belajar-mengajar dengan meminjam gedung sekolah Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) di Gampong Manyang.

    "Sejak 2005, para murid belajar di gedung sekolah sendiri, namun karena pengaruh banjir yang terjadi pada akhir tahun 2014 lalu, selain bangunan sekolah mengalami kerusakan, meja dan kursi juga rusak. Akibat adanya pengaruh bencana alam, tidak hanya lingkungan belajar saja yang memburuk, karena keterbatasan dana, sekolah tidak dapat melakukan perbaikan," katanya. 

    Ditambahkannya untuk memberikan kesempatan belajar kepada murid-murid tingkat SMP di daerah, jumlah murid mencapai 140 orang melebihi kapasitas sekolah 91 orang. Untuk memperbaiki kondisi kelebihan kapasitas dan fasilitas belajar yang memprihatinkan tersebut, Pemerintah Jepang memutuskan untuk membantu agar MTs. Peutoe dapat membangun dua gedung sekolah (total enam ruang kelas) yang baru.

    Takeshi ISHII mengatakan melalui bantuan ini diharapkan para murid MTs. Peutoe dapat belajar di lingkungan pendidikan yang lebih baik, lalu bagi lebih banyak murid yang berada di daerah sekitarnya, sekolah ini menjadi tempat untuk mendapatkan pendidikan yang dekat.  (rel)

    Tidak ada komentar

    Masukan dan informasinya sangat penting bagi pengembangan situs kita ini...