• Breaking News

    Leonardy Dukung Pemindahan Pasar Lakitan

    LENGAYANG (sumbarkini.com) - Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI H. Leonardy Harmainy Dt. Bandaro Basa siap memperjuangkan aspirasi masyarakat Nagari Lakitan, Kecamatan Lengayang, Kabupaten Pesisir Selatan yang ingin melakukan revitalisasi Pasar Lakitan. Aspirasi tersebut akan diperjuangkannya di pusat melalui Kementerian Perdagangan.

    "Kalau kabupaten dan provinsi belum mampu melakukan revitalisasi Pasar Lakitan seperti yang diinginkan masyarakat, saya siap turut memperjuangkan aspirasi itu ke tingkat pusat. Ada program dari Kemendag untuk revitalisasi pasar ini," kata Leonardy Harmainy saat melakukan Safari Ramadhan ke Masjid Amar Ma'ruf, Daratan Marantih, Nagari Lakitan, Lengayang, Pesisir Selatan, Selasa (29/5).

    Leonardy mengatakan revitalisasi pasar sebenarnya merupakan kewenangan kabupaten atau provinsi. Namun, hal itu tidak tertutup kemungkinan bisa dilakukan dari dana APBN yang ada di kementerian seperti pembangunan kembali Pasar Ateh, Bukittinggi dan lainnya. Untuk itu, pihaknya siap memfasilitasi upaya itu, namun tetap saja harus didukung oleh pemerintah setempat mulai dari nagari. Diusulkan nagari, disetujui camat dan mendapatkan rekomendasi dari bupati.

    "Apa tanahnya sudah ada? Kalau sudah siapkan proposal dan saya siap turut memperjuangkannya nanti di pusat. Kemudian harus ada rekomendasi dari pemerintahan terendah," tegas Ketua DPRD Sumbar periode 2004-2009 itu.

    Leonardy mengapresiasi inisiatif dari walinagari beserta masyarakatnya untuk memindahkan pasar mereka. Biasanya hal seperti ini cepat mendapat respon pemerintah. Dia pun minta semua pihak mendukung, terutama wakil rakyat dari Pesisir Selatan.

    Walinagari Lakitan, Lengayang, Pessel, Rafli Fudin mengatakan bahwa revitalisasi Pasar Lakitan sangat mendesak karena pasar sudah sempit dan bisa mengganggu lalu lintas. Pasar berada di depan jalan raya.

    "Pasar Lakitan sudah sempit dan mengganggu lalu lintas. Untuk itu perlu segera dipindahkan. Lahannya sudah ada, dan kita sudah menghitung anggarannya sekitar Rp7 miliar. Dana sebanyak itu tentunya butuh dukungan seluruh pihak," kata Rafli Fudin.

    Sementara itu anggota DPRD Sumbar, H. Saidal Masfiyudin yang ikut rombongan Safari Ramadhan itu mengatakan pihaknya juga siap membantu aspirasi masyarakat Lakitan itu. Dana dari provinsi melalui dana aspirasi atau pokok pikirannya siap digelontorkan untuk revitalisasi pasar Lakitan.

    "Saya siap berikan dana pokir untuk revitalisasi Pasar Lakitan ini. Di sini juga ada anggota DPRD Kabupaten Pessel dua orang, Zarfi Deson dan Jamalus. Mereka juga harus bantu. Saya bisa Rp400 juta dan dua orang anggota DPRD Pessel bisa Rp200 juta. Hal ini sudah bisa menjadi modal awal untuk revitalisasi ini," kata politisi Partai Golkar yang akan maju ke DPR RI pada Pileg 2019 mendatang.(pep)

    Tidak ada komentar

    Masukan dan informasinya sangat penting bagi pengembangan situs kita ini...

    Pendidikan

    5/pendidikan/feat2