• Breaking News

    Sebanyak 25 Orang Pengelola Perpustakaan SD se-Kabupaten Sijunjung Ikuti Bimtek Perpustakaan.


    SIJUNJUNG, (Sumbarkini.com) - Sebanyak 25 orang pengelola perpustakaan Sekolah Dasar (SD)se-Kabupaten Sijunjung ikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) Perpustakaan di Hotel Kawana Padang selama 3 (tiga) hari, pada tanggal 27 sampai dengan 29 Agustus 2019.

    Acara yang digelar Aparatur Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sijunjung ini dibuka Bupati Sijunjung H. Yuswir Arifin pada Selasa (27/8).

    Dalam sambutannya Bupati Yuswir Arifin menyebutkan,Tolok ukur kemajuan sebuah daerah adalah ketika daerah itu memiliki segudang Ilmu pengetahuan, hal ini tentu berawal dari meningkat dan berkembangnya budaya baca di tengah Masyarakat dengan salah satu emrionya adalah meningkatkan dan mengembangkan budaya baca serta
    memaksimalkan keberadaan Perpustakaan
    terutama di Sekolah Dasar (SD).

    " Dengan adanya Bimtek pengelola perpustakaan SD se-Kabupaten Sijunjung kita dapat menjadikan perpustakaan sekolah menjadi tempat bermain dan belajar bagi siswa maupun guru. Tidak hanya bagi pendidik tapi juga bagi peserta didik,"ucapnya.

    Mengingat begitu pentingnya perpustakaan dalam meningkatkan minat dan budaya baca siswa, dalam hal ini merupakan salah satu indikator untuak mencapai misi ke 2 daerah, yaitu mewujudkan kualitas sumber daya manusia yang sehat, kuat, cerdas dan beraklak mulia.

    "Ini sejalan dengan program Pemerintah Daerah yang menghendaki meningkatnya minat dan budaya baca siswa, untuk itu diharapkan outcome Bimtek ini kepada seluruh peserta untuk dapat menerapkannya di sekolah masing-masing sesuai dengan tuntutan yang telah dipelajari,"harap Bupati Yuswir Arifin.

    Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sijunjung, Drs. Darlias dalam laporannya selaku ketua pelaksana menyebutkan, "Bimtek ini bertujuan untuk menjadikan perpustakaan SD sebagai arena rekreasi dan tempat belajar bagi pendidik maupun peserta didik. Guru sebagai tenaga pendidik yang akan menciptakan generasi muda yang cerdas dan berkualitas,"ujarnya.

    " Diharapkan dengan adanya Bimtek pengelola perpustakaan SD se-Kabupaten Sijunjung semua peserta yang hadir  mengikuti Bimtek ini dapat menerapkannya di sekolah masing-masing serta bisa bermanfaat untuk dirinya dan siswanya,"harapnya.

    Lanjut Darlias, sebanyak 25 orang peserta dari guru SD se-Kabupaten Sijunjung yang akan mengikuti Bimtek dari Selasa hingga Kamis, (27-29/8) ini difasilitasi penginapan, makan siang dan malam serta snack pagi dan sore,lanjutnya

    Hadir pada acara tersebut, selain Bupati Yuswir Arifin juga dihadiri Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Provinsi Sumatera Barat, Wadarusmen, SE. MM, Narasumber dari Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (PERPUSNAS), Sigit Purwoko S.Sos dan Didik Pribadi S.Kom, Kadis Perpustakaa dan kearsipan Kabupaten Sijunjung, Drs. Darlias serta para Kabid dan Kasi di Dinas tersebut.
    (andri)

    Tidak ada komentar

    Masukan dan informasinya sangat penting bagi pengembangan situs kita ini...

    Pendidikan

    5/pendidikan/feat2