• Breaking News

    Cegah Covid-19, Walikota Riza Falepi Surati PLN Gratiskan Listrik Masjid dan Mushalla

    Walikota Payakumbuh Riza Falepi.


    Payakumbuh, Sumbarkini.com-Upaya maksimal terus dilakukan Pemko Payakumbuh untuk mencegah virus korona atau covid-19. Setelah menggratiskan iuran PDAM selama tiga bulan, Walikota Payakumbuh, Riza Falepi menyurati PLN agar menggratiskan listrik untuk masjid dan mushalla.

    Sebagai Ketua Gugus Tugas Covid-19 Kota Payakumbuh, Riza Falepi, Selasa (21/4) membenarkan sudah melayangkan surat kepada Manager PLN Cabang Payakumbuh untuk menggratiskan listrik bagi masjid dan mushalla selama tiga bulan, mulai April hingga Juni.

    Walikota Riza Falepi sudah membuat kebijakan untuk menggratiskan iuran PDAM bagi masjid dan mushalla selama tiga bulan. Hal ini berkaitan dengan Intruksi Walikota, Maklumat Majelis Ulama Indonesia nomor 03/MUI/Ko-Payakumbuh/2020, dan kesepakatan bersama Pemko Payakumbuh dengan Forkopimda, Kemenang, MUI, Dewan Masjid, dan FKUB pengurus masjid di Kota Payakumbuh tentang meniadakan shalat berjamaah dan shalat Jum'at di masjid atau shalat di rumah saja untuk mencegah covid-19.

    Ketiadaan aktivitas berjamaah menyebabkan masjid dan mushalla kesulitan kas, sehingga kesulitan dalam membayar rekening PDAM, listrik, biaya kebersihan, hingga honor imam dan garin. Walikota Payakumbuh, Riza Falepi lansung membuat kebijakan menggratiskan biaya rekening PDAM. Selanjutnya, biaya listrik juga digratiskan. "Hal ini bisa meringankan beban pengurus masjid dan mushalla karena sulit menerima infak dan sedekah. Juga lebih mengefektifkan pembatasan sosial untuk mencegah covid-19," ujar Walikota Riza Falepi.

    Upaya keras dalam mencegah covid-19 membuat Kota Payakumbuh masih zero kasus positif virus korona. Mengingat Kota Payakumbuh kini sedang dikepung karena daerah tetangga sudah terpapar, Walikota Riza Falepi meminta kedisiplinan warga kota untuk melaksanakan imbauan pemerintah dan MUI.

    Apalagi, mulai Rabu besok, Payakumbuh akan menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar. Masyarakat mesti memahami aturan dalam PSBB. "Disiplin laksanakan aturan PSBB. Dalam hal ini kita akan bertegas-tegas," ujar Walikota Riza Falepi. (Zal)


    Tidak ada komentar

    Masukan dan informasinya sangat penting bagi pengembangan situs kita ini...

    Pendidikan

    5/pendidikan/feat2