• Breaking News

    Antisipasi Penyebaran Covid-19, Walikota Payakumbuh Siapkan Pasar Alternatif

    Walikota Payakumbuh Riza Falepi.


    Payakumbuh, Sumbarkini.com-Walikota Payakumbuh menyiapkan pasar alternatif untuk mengantisipasi penyebaran virus korona atau covid-19 di pasar. Hal ini belajar dari kasus terpapar virus korona yang terjadi di Pasar Raya Padang.

    Setelah melakukan penelusuran, Pemko Padang menemukan 17 kasus covid-19 di Pasar Raya Padang. Kasus itu diduga bermula dari warga Bukittinggi yang juga bertoko dan beraktivitas di Pasar. Mengingat Payakumbuh bertetangga dengan Bukittinggi dan banyak warganya yang beraktivitas hilir-mudik di kota tersebut, Walikota Riza Falepi menekankan agar warganya lebih waspada dan disiplin melaksanakan protokol pencegahan covid-19.

    Informasi yang diperoleh Walikota Riza, ternyata setelah ditraking oleh pemko Padang, virus korona yang menyebar di Pasar Raya itu penyebarannya berasal dari Kota Bukittinggi."Kuat dugaan kalau virus itu berasal dari warga Bukittinggi yang positif Corona waktu itu, yang diberitakan warganya bertoko di area pasar di Bukittinggi," ujar Walikota Riza, Selasa (21/4) malam.

    Riza meminta warga Payakumbuh yang pergi ke Bukittinggi khususnya ke area pasar dan sekitaran Jam Gadang agar lebih berhati-hati di kawasan keramaian."Kita lihat sumber penyebaran terjadi di pasar, terbukti dengan Pasar Raya Padang ditutup, kalau sampai terjadi hal yang sama di Payakumbuh, mungkin kita akan disiapkan pasar alternatif sebagai antisipasi, mudah-mudahan tidak terjadi sejauh itu," ujar Riza.

    Kepada warga Payakumbuh yang bolak balik ke daerah-daerah terdampak virus, Riza meminta untuk tidak kembali langsung ke rumah atau putar-putar ke lingkungan keramaian, kecuali memakai protokol jelas, seperti langsung merendam pakaian sampai di rumah dan mandi. Kemudian lakuka isolasi diri sendiri. Karena beberapa tempat keramaian seperti di Bukittinggi yang telah terjangkit virus dikhawatirkan sebagai tempat berpotensi untuk terjadinya penularan, mohon warga berhati-hati dan waspada.

    Permintaan Riza bukan tanpa alasan, oleh Tim Covid-19 Payakumbuh terdeteksi banyak warga banyak bolak balik dari Bukittinggi ke Payakumbuh "Kita menjaga, bagi mereka yang sering bolak balik keluar masuk Payakumbuh luar kota, kami minta untuk lebih ketat diperiksa, kalau perlu sampai Payakumbuh mengisolasi diri sendiri dulu," tegas Riza. (Zal)

    Tidak ada komentar

    Masukan dan informasinya sangat penting bagi pengembangan situs kita ini...

    Pendidikan

    5/pendidikan/feat2