• Breaking News

    Jelang Ramadhan, Sucikan Diri di Rumah saja

    H. Refrizal.


    Padang Pariaman, Sumbarkini.com-Jelang bulan suci Ramadhan, tokoh masyarakat Padang Pariaman, H. Refrizal mengimbau kaum muslimin untuk mensucikan diri di rumah saja. Kebiasaan atau tradisi yang membuat keramaian atau interaksi fisik mesti dihindarkan untuk mencegah penyebaran virus korona atau covid-19.

    Hal itu diungkapkan H. Refrizal, Rabu (22/4). Saat ini, masyarakat tidak bisa dengan leluasa melaksanakan bermacam tradisi menyambut bulan suci, seperti balimau, berkumpul dengan sanak family dan tradisi lainnya. Hal itu takkan menghilangkan esensi bulan suci Ramadahan.

    Menurut Ketua Umum PKDP ini, esensi menyambut bulan Ramadhan dengan mensucikan diri bisa diwujudkan di rumah. "Kita bersihkan niat. Silaturrahim bisa tetap berjalan dengan berkomunikasi lewat alat komunikasi. Kita tetap bisa meraih hikmah menyambut bulan suci," ujar Refrizal.

    Tak perlu berkecil hati jika tak bisa melaksanakan tradisi menyambut bulan suci. Menurut Refrizal, ada kebiasaan penting yang bisa dilaksanakan yang membuat kaum muslimin bisa tetap merasakan nuansa Ramadhan. Kebiasaan itu adalah memperbanyak ibadah, membaca Al-qur'an dan berzikir. Kebiasaan-kebiasaan itu bisa membuat seseorang menyelami nilai-nilai bulan suci Ramadhan.

    Di saat pandemi sekarang ini, Refrizal menekankan bagi kaum muslimin untuk meningkatkan solidaritas sosial. Refrizal sendiri, jelang Ramadhan membagikan beras kepada masyarakat yang membutuhkan. Sebanyak tiga ton beras dibagikan menjelang Ramadhan.

    Bagaimana pun kondisinya, bulan suci Ramadhan mesti selalu disambut dengan suka cita. "Mari saling berbagi, sehingga setiap orang bisa tersenyum menyambut bulan suci," tambah Refrizal. (Zal)

    Tidak ada komentar

    Masukan dan informasinya sangat penting bagi pengembangan situs kita ini...

    Pendidikan

    5/pendidikan/feat2