• Breaking News

    Warga V Suku Canduang Bantu Perantau Terdampak Covid-19

    Perantau V Suku Canduang menyerahkan bantuan kepada sesama perantau yang terdampak covid-19. ist


    Depok, Sumbarkini.com-Pandemi virus korona atau covid-19 ikut berdampak pada orang Minang di perantauan. Tak ingin hanya berdiam diri, perantau dari V Suku Canduang Nagari Canduang Koto Laweh, Kabupaten Agam menggalang bantuan untuk saudara sesama perantau.

    Ketua Persatuan Perantau V Suku Canduang Jabodetabek, Erianto, Rabu (22/4) menyebutkan pihaknya menggalang bantuan untuk saudara sesama perantau yang terdampak covid-19. Setelah melakukan penjaringan, maka sebanyak 78 perantau tercatat berhak mendapatkan bantuan.

    Menurut Erianto, perantau yang dibantu rata-rata bekerja sebagai pedagang kaki lima, penjahit rumahan, hingga pedagang bambu basah di pasar. Mereka tersebar di Jabodetabek, Jawa Barat dan Banten. "Selama ini, perantau memberi bantuan ke kampung halaman. Sekarang, kita membantu saudara sesama perantau," ujar Erianto.

    Perantau V Suku Canduang menggalang sumbangkan dari perantau di Jabodetabek, bahkan dari perantau di Malaysia. Sebanyak Rp38 juta terkumpul termasuk 300 ringgit Malaysia. Batuan diserahkan lewat transfer rekening dan ada yang diserahkan langsung kepada perantau yang membutuhkan.

    Masing-masing perantau mendapatkan Rp500 ribu. Jumlah tersebut menurut Erianto tak begitu banyak. Tapi, setidaknya bisa meringankan beban saudara di perantauan.

    Ada sedikit kesulitan untuk menyalurkan bantuan ini. Menurut Erianto, karena mental perantau yang tahan banting, rata-rata mereka merasa malu menerima bantuan. Namun, tim berhasil meyakinkan para perantau yang sedang kesusahan ini. "Karena itu, kita sengaja tak mengumumkan nama-nama penerima. Untuk menjaga perasaan saudara seperantauan kita ini," tambah Erianto. (Zal)

    Tidak ada komentar

    Masukan dan informasinya sangat penting bagi pengembangan situs kita ini...

    Pendidikan

    5/pendidikan/feat2