• Breaking News

    Pra UN Tolok Ukur Kemampuan Siswa HadapI UN Tahun 2018/2019

    Padang Aro, (Sumbarkini.com) -  Pra Ujian Nasional (UN) yang dilaksanak di SMP se Solok Selatan, sebagai tolak ukur kemampuan siswa menghadapi UN nantinya.

    "Pra UN (try out) ini, salah satu indikator melihat sejauhmana kemampuan siswa menyerap mata pelajaran yang diberikan. Dan tolak ukur kemampuan siswa menghadapi UN," kata Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Budparpora) Solok Selatan, Zulkarnaini kepada Wartawan , Senin (18/2).

    Melalui ujian Tri Out (TO), akan menjadi tolak ukur pihak Disdikpora, terkait Sumber Daya Manusia (SDM) guru di setiap sekolah. Artinya kita akan tahu sejauh mana penguasaan materi pembelajaran dapat mencapai indikator pendidikan yang baik dan mampu berdaya saing, yang sudah dilaksanakan guru selama ini.

    "Hasil pra UN ini, dengan nilai murni yang akan diterbitkan sekolah. Ini bahan evaluasi kita nanti, apakah guru kita mampu menyajikan pembelajaran yang baik dan sejauh mana siswa menyerapnya," sebut Zukarnani.

    Kualitas guru akan menjadi penentu maju dan mundurnya pendidikan di Solsel. Juga keseriusan siswa untuk belajar dengan baik, demi peningkatan kualitas hidup yang lebih baik lewat pendidikan. Pembenahan internal dunia pendidikan, perlu dukungan anggaran. Agar pendidikan di Solsel dapat setara dengan daerah lainnya di Sumbar.

    "Hal ini dalam manjauhi imeg daerah tertinggal lewat kualitas pendidikan," terangnya.

    Kepala Bidang Guru dan Tenaga Kependidikan Disbudparpora, Ridwan mengatakan, pelaksanaan tray out disekolah dilakukan secara manual, atau ujian kertas dan pensil (UKP). Hal ini  disebabkan, hanya beberapa sekolah yang meniliki fasilitas labor komputer dan jaringan internet sekolah.

    "Kita di hari pertama ujian tray out, baru dapat meninjau dua sekolah. Yakni SMPN 5 Solsel dan SMPN 23 Solsel," ungkapnya.

    Melalui pra UN ini, kemampuan siswa untuk menghadapi UN akan terlihat. Sehingga jadi catatan dan bahan evaluasi bagi sekolah dan dinas untuk menggenjot siswa lebih baik lagi menghadapi ujian akhir tersebut.

    "Kita sudah meninjau pelaksanaan tray out secara manual di sekolah, sebagai bahan asah pikiran jelang UN dilaksanakan serentak di tanah air ini," ucapnya.

    Kepala SMPN 23 Solsel, Nazwir berharap, kualitas nilai anak murid lebih baik dari tahun sebelumnya. Harapan itu akan terlihat, setelah ujan pra UN itu terlaksana.

    "Kita akan dapat meninjau nilai ril siswa, dan bahan evaluasi sekolah dalam upaya peningkatan mutu pendidikan yang berdaya saing," ulasnya. Afriyoriza

    Tidak ada komentar

    Masukan dan informasinya sangat penting bagi pengembangan situs kita ini...

    Pendidikan

    5/pendidikan/feat2