• Breaking News

    Kemenag Buka Matsama MTs Negeri 3 Solsel Dan Apresiasi Para Guru Yang Telah Siapkan Program Pembelajaran


    Padang Aro (Sumbarkini-com). Sebagai bagian dari rangkaian kegiatan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Pelajaran 2019-2020,  Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri 3 Solok Selatan yang terletak di Kecamatan Pauh Duo, melaksanakan kegiatan Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (Matsama).

    Kegiatan Matsama yang digelar dihalaman madrasah tersebut, secara resmi dibuka Kepala Kementerian Agama Solok Selatan, H. Syahrul dan dihadiri Kasi Pendis, Fitriyoni, Kepala MTs N. 3 Solsel, Zulkifli, Komite Madrasah, Raflius Mega serta 203 orang siswa madrasah.

    Syahrul dalam arahannya menegaskan bahwa pelaksanaan Matsama adalah bagaian dari rangkaian proses yang mesti di ikuti oleh seluruh peserta yang telah dinyatakan lulus seleksi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Pelajaran 2019-2020. Kegiatan Matsama juga sebagai pelaksanaan kegiatan pada awal pertemuan seluruh civitas madrasah dengan peserta didik baru.

    Dikesempatan itu, Kemenag Solsel, juga member apresiasi pimpinan beserta seluruh majelis guru dan tata usaha MTs Negeri 3 yang telah menyiapkan mulai dari sosialisasi ke sekolah-sekolah sampai dengan terselenggaranya kegiatan Matsama .

    Secara khusus Kemenag juga memberi apresiasi pada 37 guru madrasah yang telah mempersiapan program pembelajaran, yang telah pula diserahkan secara lansung pada Kasi Pendis Kemenang Solsel saat kegiatan Matsama.

    “ dengan telah diserahkannya program pembelajaran oleh majelis guru, berarti pimpinan madrasah telah mampu memberi motivasi dan mendorong pada guru untuk betul-betul menaati kaidah yang menjadi kewajiban seorang guru sebelum melaksanakan Proses Belajar Mengajar (PBM), “ terang Syahrul.

    Sementara itu, Kepala MTs Negeri 3 Solsel, Zulkifli didampingi Ketua Komite, Raflius Mega menjelaskan, bahwa seleksi PPDB Tahun Pelajaran 2019-2020 telah menghasilkan siswa baru sebanyak 203 orang siswa dengan jumlah rombel 7 kelas.

    “ dibanding tahun lalu, saat ini jumlah jauh lebih banyak. Pada tahun lalu kita hanya menerima siswa baru untuk 5 lokal, sekarang mencapai 7 lokal,” terang Zulkifli.

    Siswa baru sebanyak 203 ini sudah sangat ketat dalam menjaringan sesuai dengan aturan dan ketentuan yang berlaku. Meski demikian para siswa yang berada disekitar madrasah tetap menjadi prioritas untuk dapat mengikuti pendidikan di Madrasah, terang Zulkifli.

    Meski ada beberapa ketentuan dan kemudahan dalam penerimaan siswa baru tahun ini, namun kita tidak mengabaikan beberapa ketentuan yang sesuai aturan  yang meski di patuhi oleh peserta didik, demikian Zulkifli.

    Sementara itu panitia pelaksana Matsama MTs Negeri 3 Solsel, Fira menguraikan beberapa tahapan kegiatan yang mesti di ikuti oleh peserta didik. Diantaranya kegiatan baca Al-Quran, sosialisasi kesehatan, tata tertib madrasah, baris berbaris, serta yang tidak kala penting adalah adanya kegaitan sosialisasi madrasah secara menyeluruh.

    “Matsama ini merupakan ajang perkenalan, kenalan dengan lingkungan sekolah, dengan guru, kakak kelas, dan juga sesama peserta didik baru, karena kalian berasal dari sekolah yang berbeda sebelumnya, jangan ragu untuk berkenalan, dengan kita saling mengenal maka akan menumbuhkan kasih sayang antara kita, sebab disinilah nantinya anak anak akan menempuh pendidikan selama 3 tahun ke depan,” ungkap Fira Yoriza

    Tidak ada komentar

    Masukan dan informasinya sangat penting bagi pengembangan situs kita ini...

    Pendidikan

    5/pendidikan/feat2