• Breaking News

    Pemkab Sijunjung Adakan Workshop Penyusunan ROPK bagi OPD dan Bagian di Lingkup Sekretariat Daerah.


    SIJUNJUNG, (Sumbarkini.com) - Pemerintah Kabupaten Sijunjung melalui Bagian Administrasi Pembangunan Lingkup Sekretariat Daerah adakan Workshop Penyusunan Rencana Operasional Pelaksanaan Kegiatan (ROPK) bagi OPD di Balairung Lansek Manih, Kantor Bupati, Jum'at 25 Oktober 2019.

    Acara yang di buka Asisten II, Jon Kenedi, S.Sos ini dihadiri 80 orang peserta dari Sekretaris dan 1 orang PNS yang memiliki kecakapan dalam menyusun ROPK dan melakukan pendampingan penyusunan ROPK di OPD masing masing, serta 1 orang dari masing masing Bagian Lingkup Sekretariat Daerah.

    Kepala Bagian Administrasi Pembangunan,Syamsurijal, ST yang memandu jalannya kegiatan ini menyebutkan bahwa workshop ini adalah tindak lanjut dari Pedoman ROPK yang sdh disusun dan disosialisasikan pada tanggal 22 Oktober bersamaan dengan acara rapat evaluasi Triwulan III pada waktu yang lalu.

    "ROPK adalah rencana operasional pelaksanaan kegiatan yang memuat tahapan pelaksanaan dan tindakan pada setiap tahapan pelaksanaan kegiatan Perangkat Daerah (PD) yang dilengkapi dengan bobot dan jadwal pelaksanaan masing-masing tindakan dan tahapan kegiatannya,"ucapnya.

    Penyusunan ROPK ini lanjut Syamsurijal memperhatikan percepatan pelaksanaan kegiatan antara lain Penyusunan DED pada 1 tahun sebelum pelaksanaan dan tender dini

    "ROPK yang dientri oleh PD ke dalam siMERP adalah ROPK Fisik yang terdiri dari tahapan dan tindakan, bobot serta jadwal pelaksana.
    Rencana Waktu Pelaksanaan pada ROPK Fisik dan Rencana Anggaran Kas pada ROPK Keuangan adalah target PD yang akan menjadi pedoman pencapaian PD yang digunakan sebagai acuan dalam pengendalian kegiatan PD,"tambah Syamsurijal.
    Asisten II, Jhon Kenedi dalam sambutanya juga menyampaikan bahwa ROPK adalah dokumen rencana operasional yang akan menjadi instrumen pengendalian pada perencanaan anggaran dan pelaksanaan kegiatan.

    "Pada pelaksanaan kegiatan, ROPK akan menjadi acuan untuk mengukur kinerja OPD, untuk itu ikutilah kegiatan Workshop ini dengan baik,"ucapnya.

    Pada  sesi kedua, Syamsurijal, ST juga mengekspose dan memandu peserta dalam menyusun ROPK serta menampung berbagai masukan dari peserta terkait ROPK serta implementasi nya tahun 2020.
    (andri)

    Tidak ada komentar

    Masukan dan informasinya sangat penting bagi pengembangan situs kita ini...

    Pendidikan

    5/pendidikan/feat2