• Breaking News

    Bertemu Ikadi, Hamdanus Harapkan Perhatikan Mubaligh dan Rumah Ibadah

    Anggota DPRD Sumbar, Hamdanus bersama Ikadi, mubaligh dan pengurus masjid di Pessel. ist


    Pesisir Selatan, Sumbark.com-Anggota DPRD Sumbar, Hamdanus mendesak pemerintah dan berbagai pihak agar memperhatikan mubaligh dan rumah ibadah yang terdampak virus korona atau covid-19. Saat ini banyak mubaligh yang kesulitan memenuhi kebutuhan hidup dan ada masjid yang mesti berutang karena ketiadaan kas.

    Imbauan itu disampaikan Hamdanus usai bersilatirrahim dengan Ikatan Dai Indonesia wilayah Pesisir Selatan dan Dewan Masjid setempat, Kamis (16/4). Rumah ibadah dan mubaligh menurut Hamdanus banyak yang terdampak virus korona.

    Dari laporan mubaligh dan pengurus masjid di Pesisir Selatan, saat ini banyak masjid yang terlilit utang. Hal itu karena rata-rata masjid melakukan pembangunan atau pembenahan sarana dan prasarana untuk menyambut bulan suci Ramadhan. Harapannya, di bulan Ramadhan nanti, semua biaya pembangunan bisa ditanggulangi dari bantuan jemaah. "Karena wabah covid-19, sulit bagi pengurus masjid menghimpun dana, sehingga ada masjid yang terlilit utang," ujar Hamdanus.

    Untuk kesulitan yang dihadapi rumah ibadah ini, Hamdanus mendorong kepedulian semua pihak, terutama pemerintah. Hal mendesak yang bisa dilakukan pemerintah melalui BUMN adalah memberikan keringanan pembayaran listrik. Selain itu, di masa susah sekarang ini, Hamdanus mengetuk hati dermawan untuk terus berinfak dan bersedekah ke masjid dan mushalla.

    Mubaligh juga perlu mendapat perhatian. Menurut Hamdanus, banyak mubaligh yang kini terdampak virus korona. "Mubaligh perlu dibantu. Dengan begitu, di masa susah sekarang pun kita harapkan para mubaligh ini tetap bisa berdakwah," jelas Hamdanus.

    Di sisi lain, Hamdanus mendorong masjid yang memiliki kelebihan kas dan telah menghimpun banyak dana dari berbagai pihak agar ikut bergerak membantu masyarakat yang terdampak covid-19.

    Menurut Hamdanus, di sejumlah tempat, pengurus masjid dan jemaahnya ada yang menggalang aksi kemanusiaan untuk membantu mereka yang terdampak virus korona. "Aksi solidaritas sangat efektif jika digalang dari masjid-masjid," tambah Hamdanus. (Zal)

    Tidak ada komentar

    Masukan dan informasinya sangat penting bagi pengembangan situs kita ini...

    Pendidikan

    5/pendidikan/feat2