• Breaking News

    Pemerintah Jepang Beri Hibah untuk Dua Sekolah


    Medan - Pemerintah Jepang memberikan dana hibah senilai sekitar Rp 1,7 Miliar. Hibah ini disalurkan melalui program Grant Assistance for Grass-roots Human Security Projects. Kontrak kerjasama hibah senilai Rp 1,7 miliar ini ditandatangani pada Selasa, 16 Januari 2018.

    Hadir dalam acara tersebut Bapak Mukhlis Tanjung, Ketua Yayasan Pendidikan Islam Nurul Huda Pulau-pulau Batu, Bapak Teungku Hanafi, Ketua Yayasan Pendidikan Islam Al-Mubarakah Kunyet Mule, dan Bapak Takeshi ISHII, Konsul Jenderal dari Konsulat Jenderal Jepang di Medan.

    Bantuan tersebut diperuntukkan untuk pembangunan gedung sekolah di Kabupaten Nias Selatan dan Kabupaten Aceh Utara. Pemberian hibah kerja sama Konsulat Jenderal Jepang di Medan dengan Yayasan Pendidikan Islam Nurul Huda Pulau-pulau Batu, senilai Rp 815.394.600 dan Yayasan Pendidikan Islam Al-Mubarakah Kunyet Mule senilai Rp 939.624.000.

    “Melalui Yayasan Pendidikan Islam Nurul Huda bakal dilaksanakan proyek pembangunan gedung MTs Darul Muta’alimin di Desa Simaluaya, Pulau Tello, Kabupaten Nias Selatan.  Sementara dengan Yayasan Pendidikan Islam Al-Mubarakah bakal dilaksanakan proyek pembangunan gedung SMP Sukma Al-Mubarakah di Gampong Kunyet Mule, Kecamatan Matang Kuli, Kabupaten Aceh Utara,” ujar Takeshi ISHII.

     Menurutnya, proyek pembangunan MTs Darul Muta’alimin di Desa Simaluaya, Pulau Tello, Kabupaten Nias Selatan bertujuan untuk meningkatkan kapasitas gedung sekolah serta menyediakan lingkungan belajar yang lebih baik untuk anak-anak usia sekolah di Pulau Tello.

    Bangunan yang didirikan berupa satu gedung dengan lima ruangan: tiga ruang kelas, satu ruang guru, dan satu ruang perpustakaan. Kapasitas masing-masing ruang kelas sampai 32 orang.

    Sebelumnya gedung sekolah MTs Darul Muta’alimin hanya memiliki kapasitas 66 orang, namun jumlah murid mencapai 105 orang. Pada tahun 2016, diinformasikan bahwa ada 450 lulusan sekolah dasar di Kecamatan Pulau-pulau Batu, namun jumlah murid baru yang dapat diterima oleh empat sekolah (termasuk MTs Darul Muta’alimin) di Pulau Tello paling banyak hanya 350 orang anak.

    Kondisi ini menyebabkan banyak anak yang tidak dapat melanjutkan sekolah atau harus ke sekolah yang lebih jauh di Kecamatan Teluk Dalam. Dengan meningkatnya kapasitas sekolah ini, diharapkan jumlah anak-anak yang tidak dapat sekolah karena keterbatasan kapasitas sekolah dapat berkurang dan dapat menjadi pendorong meningkatnya motivasi untuk pendidikan di Pulau Tello.

    Adapun SMP Sukma Al-Mubarakah didirikan pada tahun 2014. Anak-anak di Gampong Kunyet Mule harus menempuh jarak sejauh 17km untuk pergi ke sekolah. Untuk membantu mengatasi masalah jauhnya jarak sekolah dan menyediakan fasilitas pendidikan yang lebih dekat, Yayasan Pendidikan Islam Al-Mubarakah Kunyet Mule mendirikan sekolah ini.

    Pada tahun 2017 ada 161 orang murid yang terdaftar di sekolah ini dan melebihi kapasitas sekolah yaitu 140 orang. Bantuan Hibah Grass-roots diberikan kepada yayasan untuk membangun satu gedung dua lantai yang terdiri dari enam ruang kelas dengan kapasitas mencapai 210 orang.

    Dengan adanya bangunan ini, total kapasitas sekolah dapat meningkat menjadi 270 orang dan diharapkan dapat meningkatkan kualitas infrastruktur pendidikan di sekolah sebagai dukungan agar guru maupun siswa-siswi dapat memperoleh lingkungan pendidikan yang lebih baik. Kemudian, para murid tidak perlu lagi pergi ke tempat yang jauh untuk mendapatkan pendidikan.
    Bantuan Hibah Grass-roots untuk Keamanan Manusia merupakan salah satu skema bantuan hibah dari Pemerintah Jepang ditujukan untuk kepentingan masyarakat Indonesia di tingkat akar rumput secara langsung dan cepat, sebagai wujud kepedulian serta persahabatan rakyat Jepang terhadap rakyat Indonesia. Sejak tahun 2000, sudah ada 67 proyek (termasuk 32 proyek pembangunan gedung sekolah) yang dilaksanakan dengan skema ini di wilayah yurisdiksi Konsulat Jenderal Jepang di Medan (Provinsi Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, dan Jambi) dengan total dana mencapai Rp 60 Miliyar. (rel1)

    Tidak ada komentar

    Masukan dan informasinya sangat penting bagi pengembangan situs kita ini...

    Pendidikan

    5/pendidikan/feat2