• Breaking News

    Senator Sumbar Dorong Kasang Dimekarkan, Trase Tol Dipindahkan

    Batang Anai - Di Kecamatan Batang Anai, satu nagarinya sudah dimekarkan
    menjadi lima nagari. Kelimanya Sungai Buluh (nagari induk), Sungai Buluh Utara, Sungai Buluh Selatan, Sungai Buluh Timur, Sungai Buluh Barat.

    Tiga nagari lainnya: Buayan, Kasang dan Katapiang pun didorong untuk segera dimekarkan. Ketiganya sudah memenuhi persyaratan dari segi jumlah penduduk. 

    "Harusnya jumlah nagari di Batang Anai lebih banyak dari Lubuk Alung. Logika sederhananya, jumlah penduduknya terbesar diantara 17 kecamatan di Padang Pariaman. Kini Lubuk Alung sudah 9 nagarinya, Batang Anai masih lima," ujar Anggota DPD RI, H. Leonardy Harmainy, Dt Bandaro Basa di hadapan walinagari, KAN, Bamus dan perangkat Kecamatan Batang Anai, Rabu (10/1).

    Leonardy mengajak KAN, walinagari dan bamus di Buayan, Kasang dan Ketaping untuk segera merumuskan pemekaran. Hindarkan perseteruan antar anak nagari. Kesampingkan kepentingan pribadi.

    Dia mengingatkan, pemekaran untuk memperdekat pelayanan dan mempercepat pembangunan nagari. "Silakan hitung keuntungannya satu nagari dengan dana katakanlah Rp800 juta per tahun untuk satu nagari. Jika pecah jadi tiga maka ada Rp2,4 milyar total untuk pembangunan nagari itu. Mana kira-kira yang lebih menguntungkan?” urainya. (z01)


    Tidak ada komentar

    Masukan dan informasinya sangat penting bagi pengembangan situs kita ini...

    Pendidikan

    5/pendidikan/feat2