• Breaking News

    Buka kegiatan Pembekalan dan Fasilitasi Uji Sertifikasi Kompetensi Tenaga Kerja Konstruksi, Athari Gauthi Ardi : " Terpenuhinya Tenaga Tukang Bangunan yang Bersertifikat serta Terampil Dibidangnya"

    SIJUNJUNG (Sumbarkini.com) - Anggota DPR-RI asal Sumbar fraksi PAN Athari Gauthi Ardi secara resmi membuka kegiatan Pembekalan dan Fasilitasi Uji Sertifikasi Kompetensi Tenaga Kerja Konstruksi, Rabu (26/10) bertempat di Gedung Pancasila Muaro Sijunjung yang dihadiri sekitar 200 orang pekerja Konstruksi Se Kabupaten Sijunjung.

    Dalam sambutannya, Athari menyampaikan kegiatan pembekalan dan fasilitasi uji sertifikasi kompetensi tenaga kerja konstruksi yang dilaksanakan merupakan salah satu instrumen pembangunan yang penting, serta memiliki peran strategis dalam memberi kontribusi pada sektor pembangunan nasional dan daerah.

    Menurut anggota komisi V DPR-RI tersebut, sertifikasi uji kompetensi merupakan suatu pengakuan terhadap tenaga kerja yang mempunyai pengetahuan, keterampilan dan sikap kerja sesuai standar kompetensi kerja yang telah dipersyaratkan.

    “Uji sertifikasi kompetensi memastikan bahwa tenaga kerja (pemegang sertifikat) ini, terjamin kredibilitasnya terutama dalam melaksanakan pekerjaan yang menjadi tugas dan tanggung jawabnya sesuai dengan kompetensi yang dimilikinya,” katanya.

    Legislator dari partai Amanat Nasional tersebut menambahkan, persaingan di dunia jasa konstruksi begitu ketat. Sehingga para pekerja, seperti tukang bangunan dituntut memiliki sertifikasi keahlian

    Athari berharap, melalui momentum kegiatan pembekalan dan fasilitasi uji sertifikasi kompetensi tenaga kerja konstruksi tersebut bisa terpenuhinya tenaga tukang bangunan yang bersertifikat serta terampil dibidangnya.

    " Kita juga bekerjasama dan berkoordinasi dengan Kementerian PUPR melalui Dirjen Bina Konstruksi dan Balai Jasa Wilayah I Banda Aceh. Output dari kegiatan ini juga memudahkan pengusaha konstruksi dalam mencari jasa Konstruksi yang terjamin serta berkompetensi. Kepada peserta untuk serius mengikuti kegiatan ini, berguna untuk meningkatkan ilmu dan wawasan khususnya dibidang jasa konstruksi" harapnya.

    Sementara itu, Bupati Sijunjung yang diwakili oleh Sekretaris Daerah DR Zefnihan AP,M.Si dalam sambutannya mengatakan, Pemerintah Kabupatrn Sijunjung memberi apresiasi dan menyambut positif digelarnya kegiatan Pembekalan dan Fasilitasi Uji Sertifikasi Kompetensi Tenaga Kerja Konstruksi.

    “ Alhamdulillah kegiatan digelar hari ini dan jumlah pesertanya mencapai ratusan, ini sangat luar biasa” ujarnya.

    Sekda berharap, melalui kegiatan pelatihan tersebut diharapkan nantinya akan melahirkan para pekerja jasa konstruksi yang handal, memiliki sertifikasi dibidangnya sesuai amanat Undang undang nomor 2 tahun 2017 tentang jasa Konstruksi.

    Dilain pihak, Kepala Balai Jasa Wilayah I Banda Aceh Indra Suhada, ST,MT  mengatakan bahwa kegiatan pelatihan ini dilaksanakan merupakan pokok pikiran dari anggota komisi V DPR-RI Athari Gauthi Ardi.

    " Tujuan dilaksanakan kegiatan, mewujudkan kualitas dan kuantitas tenaga kerja konstruksi terampil bersertifikat bidang jasa konstruksi guna mendukung proses pelaksanaan infrastruktur di Indonesia secara umum dan Kabupaten Sijunjung khususnya," tuturnya.

    Menurutnya, Dasar penyelenggaraannya bersasarkan UU nomor 2 tahun 2017 tentang Jasa Konstruksi sebagaimana telah diubah dalam UU nomor 11 tahun 2020 tentang Cipta Kerja. Serta PP nomor 14 tahun 2021 tentang peraturan pelaksanaan UU nomor 2 tahun 2017 tentang Jasa Konstruksi. Dan SE Menteri PUPR nomor 30/SE/MM/2020 tentang transisi layanan sertifikasi badan usaha dan sertifikasi kompetensi kerja jasa konstruksi.

    Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Direktur Kompetensi dan Produktifitas Konstruksi Kementerian PUPR Dr.Natrifahrizal  Dedisky Nazaroedin,SE,M.Si (secara virtual), anggota DPRD Provinsi Sumbar Daswanto SE, Asisten I, Aprizal, M.Si, Kadis PUPR Sijunjung, kepala OPD terkait serta Camat dan Tamu undangan lainya.(Andri)

    Tidak ada komentar

    Masukan dan informasinya sangat penting bagi pengembangan situs kita ini...

    Pendidikan

    5/pendidikan/feat2