• Breaking News

    Dirjen Pendidikan Vokasi Kemendikbud dan Ristek Laksanakan PKW di Padang

    Padang - Kegiatan Pelatihan PKW Jasa Usaha Makanan yang dimulai tgl 04 September sampai dengan 11 Oktober 2023, dana kegiatan berasal dari Direktorat Kursus dan Pelatihan, Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Teknologi. Demikian dikatakan Fauzia Kepala Sanggar Kegiatan Belajar Wilayah II Kota Padang.


    Adapun materi yang dipelajari,  mulai dari Pendidikan Karakter kewirausahaan, pendidikan Keterampilan: Snack Box/ kotak, Nasi Kotak, Pemasaran dan Akses Permodalan, Pengelolaan Hasil Usaha, keselamatan dan kesehatan  kerja ( K3).


    Sementara ilmu yg didapatkan oleh SKB dan disalurkan kepada para anggota pelatihan melalui Instruktur dari Royal Asia Bakery, Minarko, Hikecy Kerupuk Singkong, Kripik Balado Salsabila, Pabrik Block.


    Sementara itu Asri Pelaminan dan Catering,  dipraktekkan dirumah atau tempat usaha, adapun instruktur wanti-wanti berpesan kepada para anggota pelatihan jangan sampai ilmu yang didapat dibawa tidur dan harus rajin menambah ilmu baik melalui Youtube, dari buku dll.

     

    Semua peserta diberikan Peralatan dan bahan untuk usaha. Setelah selesai mengikuti Program Pendidikan Kecakapan Wirausaha (PKW) Peserta langsung membuka usaha di tempat usaha masing-masing.


    "Kami dari SPNF SKB Wilayah 2 yaitu Pamong Belajar dan Staf Tata Usaha akan memantau, mendampingi para peserta didik selama 12 bulan," ujarnya.


    Ruang Lingkup Pembinaa adalah: 1. Ketepatan memilih usaha dan tempat usaha, 2.Standar Produk/ jasa yg dihasilkan, 3. Kemampuan mendisain produk dan kemasan, 4.Kemampuan melakukan pemasaran, 5.Pengelolaan Hasil Usaha, 6. Diversifikasi Usaha, 7. Pemasaran Produk/ jasa.


    Dalam pemasaran nantinya yang perlu diperhatikan adalah,  yang pertama rasa harus dipertahankan selalu kedua penampilan : baik hasil Produk, maupun penampilan Kita sbg Pengusaha yang ketiga pelayanan kepada Konsumen harus ditingkatkan kita tidak boleh membeda-bedakan orang, sopan santun, tidak boleh sombong, iri dalam berusaha,  yang ke empat Ulet dan yang kelima adalah berdo'a. ujar Fauzia kepada para peserta pelatihan.


    Demikianlah pelatihan PKW ini dikemas dalam satu paket dan dengan mengucapkan Alhamdulillah kegiatan Pelatihan PKW ini kita tutup secara simbolis oleh Fauzia dengan membacakan Alhamdulillah, sekian dan perbanyak maaf,  bilahi taufik wal hidayah Assalamualaikum warah matullahi wabara katuh, demikian Fauzia menjelaskan. (andy)

    Tidak ada komentar

    Masukan dan informasinya sangat penting bagi pengembangan situs kita ini...

    Pendidikan

    5/pendidikan/feat2