• Breaking News

    Pertamina Goes to Campus: Memberikan Optimisme dan Membangun Talenta untuk Kemajuan Pertamina

    Padang - Pertamina bekerja sama dengan Universitas Andalas (Unand), mengadakan Pertamina Goes to Campus (PTGC) pada Kamis, 13 Juni 2024. Kegiatan dipusatkan di  Convention Hall Universitas Andalas.

    Direktur SDM dan Penunjang Bisnis PT Pertamina International Shipping, Ir. Surya Tri Harto MT, MBA mengatakan Pertamina Goes To Campus bertujuan meningkatkan awareness peran Pertamina dalam sektor energi dan Pembangunan. Kedua, meningkatkan engagement dan kolaborasi antara Pertamina dengan sektor akademisi, dan ketiga meningkatkan awareness tentang lini bisnis Pertamina.

    “Pertamina Goes to Campus dilaksanakan oleh 6 sub holding PT Pertamina Tbk pada 15 perguruan tinggi di Indonesia. Karena tantangan yang dihadapi Indonesia sekaitan energi mengharuskan semua harus bergerak bersama. Tantangan ini tidak bisa hanya diselesaikan oleh pemerintah atau perusahaan saja, pihak akademisi juga memiliki andil yang besar. Perlu kontribusi dari semua termasuk dari para mahasiswa,” katanya.

    Lebih jauh dikatakannya, program ini disiapkan oleh Pertamina (Persero) untuk mengengage kampus dan menginformasikan tentang kita dan apa yang telah kita lakukan. Lalu apa saja opportunities yang saling menguntungkan termasuk kepada adik-adik mahasiswa.

     

    Wawancara dengan awak media di Padang.

    “Salah satu yang ingin kami engage adalah para mahasiswa dan alumni yang masih fresh graduate. Tapi tidak tertutup kemungkinan bagi lulusan lainnya, karena adanya program untuk experience science,” ungkap pria yang belum lama ini dipercaya kaumnya untuk memimpin kaumnya dengan gelar Datuk Rangkayo Mulia.

    Di hadapan Wakil Rektor IV, pimpinan fakultas dan jurusan di lingkungan Universitas Andalas serta para mahasiswa yang hadir di kegiatan terseubut, Surya secara eksplisit membanggakan tiga srikandi di PT Pertamina. Ketiganya adalah A.A.A Indira Pratyaksa yang kini menjabat sebagai VP Sustainability Program, Rating & Engagement PT Pertamina (Persero), Muthia Rizky Neldy sebagai VP Bussiness Development PT Pertamina International Shipping dan Dewi Oktavia Husain selaku VP Human Capital PT Pertamina Internasional Shipping.

    “Tiga orang ini sengaja saya sebutkan untuk menunjukkan betapa Pertamina memberikan kesempatan yang sama dalam konteks gender. Kami ingin memberikan optimisme bahwa di Pertamina memberikan equality untuk berkontribusi, meninggalkan legacy dan meniti karir,” tegas alumni pertama Fakultas Teknik Universitas Andalas tersebut.

     
     Salah satu sesi Energizing Talks.

     Wakil Rektor IV, Dr. Henmaidi Alfian, ST., M.Eng.Sc mengatakan Universitas Andalas beruntung dengan adanya iven Pertamina Goes To Campus. Ditegaskannya, banyak perguruan tinggi di Sumatera ini, namun Unand dipilih sebagai salah satu tempat melaksanakan kegiatan ini.

    “Ini sangat strategis. Karena jika Universitas Andalas ingin berkembang, maka kita memerlukan kerjasama dengan perguruan tinggi, industri, pemerintah, swasta dan media (pentahelix). Tidak mudah bagi kampus untuk melakukan approach dengan industri besar, namun alhamdulillah Pertamina bersedia untuk datang,” ungkapnya. 

    Kapten Kapal memaparkan capaian mereka dalam distribusi energi.

    Henmaidi juga menyebutkan banyak dimensi yang akan dirasakan manfaatnya. Bagi mahasiswa akan bertambah wawasannya dan bisa saja beberapa diantara mereka yang berkesempatan berkarir di Pertamina.

    Dimensi pendidikan, akan membuka peluang untuk menyamakan apa yang dibutuhkan industri dan proses pendidikan yang dilakukan perguan tinggi. Bisa juga nantinya bersinergi dalam hal riset-riset dan development serta bersama-sama melakukan amanah negara berupa CSR untuk melakukan berbagai pengabdian masyarakat. i

    Energizing Talks yang membuat acara ini makin bermakna dibagi menjadi 2 sesi. Sesi 1 mengangkat tema “Pertamina & Academia: Empowering Sustainable Energy Transition” yang menghadirkan A.A.A Indira Pratyaksa VP Sustainability Program Rating and Engangement PT Pertamina (Persero), Muthia Rozka Neldy (VP Bussiness Development PT Pertamina Internasional Shipping) dan Haznam Putra, ST, MT dosen muda Universitas Andalas.

    Para pembicara mengungkapkan bagaimana langkah konkrit Pertamina memberikan langkah nyata dalam berkontribusi menyalurkan energy dan proses yang dilakukan untuk menjaga ketahanan energi. Upaya Pertamina melakukan mix energi dan langkah lainnya untuk mengupayakan sustainability.

    Momen kebersamaan di Pertamina International Shipping.

    Sesi 2 juga tidak kalah menarik dihadirkan Dewi Oktavia Husein, VP Human Capital Pertamina International Shipping, Dicky Armenda, Perwira Pertamina International Shipping, dan Umar Al Faruqi Founder of Akademi Produktif.

    Dalam kesempatan itu, Pertamina International Shipping menyerahkan bantuan hibah Pendidikan untuk menunjang keberlangsungan pendidikan dan sosial di kampus itu. Juga hadir booth di depan Convention Centre yang memperlihatkan capaian dari Pertamina International Shipping.

    Semakin lengkap, hadiah dari Pertamina International Shipping kepada mahasiswa yang mengikuti Pertamina Goes To Campus di Convention Centre itu. Mereka mendapatkan kesempatan luas untuk berinteraksi dengan Direktur SDM dan Penunjang Bisnis PT Pertamina International Shipping, Ir. Surya Tri Harto MT, MBA itu. Para mahasiswa mendapatkan pencerahan dan wawasan bagaimana mempersiapkan masa depannya untuk kejayaan bangsa dan negara. (zul)

     

    Tidak ada komentar

    Masukan dan informasinya sangat penting bagi pengembangan situs kita ini...

    Pendidikan

    5/pendidikan/feat2