• Breaking News

    Bupati Sijunjung Keluar Masuk Kementrian Bareng Andre Rosiade.

    SIJUNJUNG, (Sumbarkini.com) - Minimnya APBD Sijunjung membuat Bupati Benny Dwifa Yuswir harus keluar masuk kementrian untuk menggaet kucuran dana maupun program dari pemerintah pusat untuk dibawa ke Sijunjung. Dalam beberapa waktu belakangan, Bupati Sijunjung itu telah bertemu dengan sejumlah tokoh nasional untuk membahas pembangunan di Sijunjung.

    Benny menyadari pembangunan Sijunjung tidak akan bisa terwujud jika hanya mengandalkan APBD saja. Keterbatasan APBD dan rendahnya sumber PAD menjadi tantangan bagi pemerintah daerah untuk terus mengejar target pembangunan di Sijunjung.

    "Jika hanya dengan APBD saja, pembangunan apa yang bisa kita lakukan? Belum lagi kondisi anggaran yang direfocusing untuk penanganan Covid-19. Sehingga perlu langkah-langkah untuk berkomunikasi dengan pemerintah pusat agar APBN bisa datang ke Sijunjung," tutur Bupati Benny Dwifa Yuswir.

    Bak gayung bersambut. Andre Rosiade yang merupakan anggota DPR RI asal Sumbar berinisiatif untuk membawa sejumlah kepala daerah di Sumbar bertemu langsung dengan beberapa menteri serta pejabat di kementrian. Sehingga kebutuhan pembangunan di kabupaten/kota di Sumbar tersampaikan dan langsung didengar oleh pemerintah pusat.

    Upaya Andre Rosiade tersebut patut diapresiasi. Ditengah kondisi APBD yang terus mengalami refocusing akibat dampak Covid-19 saat ini, dan besarnya target pembangunan yang harus diwujudkan, seakan menjadikan dana APBN ibarat "kue" yang diperebutkan. 

    "Jadi ada beberapa kepala daerah dari Sumbar yang ikut, termasuk kita Sijunjung. Kita diajak langsung oleh Bang Andre Rosiade untuk audiensi dengan menteri dan pejabat di kementrian. Membahas pembangunan di daerah, diantaranya untuk membangkitkan perekonomian masyarakat yang terdampak akibat pandemi Covid-19 ini," tutur Benny.

    "Jadi ada lima kementrian yang kita kunjungi. Dalam pertemuan itu kita memaparkan seperti apa kondisi Sijunjung, apa yang dibutuhkan dan sebagainya. Pada masing-masing kementrian kita usulkan program-program yang telah disesuaikan untuk Sijunjung," jelas Bupati Sijunjung, Benny Dwifa.

    Dikatakannya, pada kunjungan yang dijadwalkan selama dua hari pada tanggal 12 dan 13 April kemarin, setidaknya ada lima kementrian yang dikunjungi Bupati Sijunjung bersama anggota DPR RI Andre Rosiade serta sejumlah kepala daerah lainnya di Sumbar.

    Diantaranya, pertemuan dengan Menteri Koperasi dan UMKM, Teten Masduki. Pertemuan dengan Menteri Kelautan dan Perikanan, Sakti Wahyu Trenggono. Pertemuan dengan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahudin Uno. Dengan Dirjend PDN (Perdagangan Dalam Negeri) Kemendag, Syailendra. Pertemuan dengan Dirjend Bina Marga Kementerian PUPR, Hedy Rahadian.

    Pertemuan itu dilakukan secara langsung pada setiap kementrian. "Iya, kita keluar masuk kementrian. Itu semua dengan Prokes yang ketat. Semoga apa yang kita usulkan di kementrian bisa segera terealisasi. Kita fokus pada perekonomian dan infrastruktur juga. Semua itu untuk daerah, untuk masyarakat Sijunjung," tambah Benny Dwifa. (ndo/ndi)

    Tidak ada komentar

    Masukan dan informasinya sangat penting bagi pengembangan situs kita ini...

    Pendidikan

    5/pendidikan/feat2