• Breaking News

    Bupati Benny Dwifa Buka Pelatihan Pemangku Adat se-Kabupaten Sijunjung Angkatan II

    PADANG (Sumbarkini.com) - Bupati Sijunjung,  Benny Dwifa Yuswir, S.STP.M.Si membuka secara resmi Pelatihan Pemangku Adat se-Kabupaten Sijunjung Agkatan II tahun 2021 di HW Hotel Padang, Kamis 1 April 2021.

    Pelatihan yang dilaksanakan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Nagari (DPMN) Kabupaten Sijunjung selama 3 hari, dari Kamis hingga Sabtu (1 - 3 April) ini diikuti 40 orang peserta terdiri dari Pemangku Adat Nagari Mundam Sakti sebanyak 20 orang dan Nagari Tanjung 20 orang.

    Hadir pada saat pembukaan pelatihan tersebut, Anggota DPRD Sijunjung Sasmi Ultriadi dan Amlasta Boy, Kadis DPMN, Khamsiardi, SSTP.M.Si, Camat IV Nagari, Nasrul, S.pd dan Sekcam Koto VII, Syamsuhir.

    Bupati Sijunjung, Benny Dwifa Yuswir, S.STP.M.Si

    Bupati Benny Dwifa dalam sambutannya mengharapkan dengan adanya pelatihan ini dapat memberikan pemahaman untuk menguatkan fungsi dan peran kelembagaan adat di nagari.

    "Dengan adanya pelatihan ini, pemangku adat dapat menerapkan konsep"Tungku Tigo Sajarangan dan Tali Tigo Sapilin". Sehingga nantinya akan nampak peran dari lembaga ini dalam mendukung pelaksanaan program pemerintah Kabupaten Sijunjung,"ucapnya.

    Untuk itu lanjut nya, diperlukan penguatan kapasitas bagi pemangku adat dengan memiliki kompetensi dalan mempertahankan nilai nilai adat istiadat serta budaya yang ada.

    "Diharapkan juga kepada pemangku adat, mari kita bersama sama melakukan pembinaan, bimbingan serta pemahaman kepada masyarakat dan cucu kamanakan yang nantinya menjadi pewaris dalam pelestarian adat istiadat dan budaya alam minangkabau sesuai dwngan petatah "Ndak Lakang dek Paneh, Ndak Lapuak dek Hujan",harap Bupati Benny Dwifa.

    (Andri)

    Tidak ada komentar

    Masukan dan informasinya sangat penting bagi pengembangan situs kita ini...

    Pendidikan

    5/pendidikan/feat2