• Breaking News

    Bupati Yuswir Arifin Pimpin Rapat Koordinasi Evaluasi Kegiatan Pembangunan Daerah Kabupaten Sijunjung Tahun 2020


    Sijunjung, (Sumbarkini.com) – Pemerintah Daerah Kabupaten Sijunjung menggelar rapat koordinasi evaluasi pelaksanaan kegiatan pembangunan tahun 2020, kegiatan tersebut dilaksanakan di Balairung Kantor Bupati setempat, Selasa 7 Juli 2020.

    Pada kesempatan itu, Bupati Sijunjung Yuswir Arifin meminta seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk dapat meningkatkan kinerjanya.

    Menurutnya, rakor ini merupakan momen yang strategis bagi semua pihak, antara lain untuk membangun komitmen dalam rangka menciptakan keserasian antara pelaksanaan kegiatan dengan rencana kerja yang telah disusun dan juga untuk akselerasi pelaksanaan program/kegiatan pembangunan ditahun anggaran 2020.

    “Muara dari segala aktivitas pembangunan adalah untuk memakmurkan dan mensejahterakan masyarakat. Semoga apa yang sudah kita rencanakan di tahun 2020 dapat berjalan secara efektif dan efisien,” tutur Bupati.

    Bupati dua periode itu juga menekankan khusus untuk dana alokasi khusus dan dana yang sifatnya bantuan dan lainnya agar tetap memperhatikan aturan – aturan pelaksanaan yang dikeluarkan oleh Kementerian terkait pada masing – masing bidang DAK, termasuk aturan perencanaan dan pelaporan untuk penyaluran anggaran dari Kementerian Keuangan.

    “Hal ini sangat penting untuk menghindari sanksi yang diberikan oleh Pemerintah Pusat yang disebabkan karena tidak tertib dalam pelaporan penggunaan dana Dak dan bantuan lainnya,” jelas Yuswir.

    Ia berharap kepada OPD yang capaian realisasi fisik maupun keuangannya belum maksimal, agar dapat meningkatkan kinerjanya untuk mencapai target sesuai dengan apa yang telah ditetapkan dan melakukan monitoring secara terpadu antar OPD terkait.

    Sebelumnya Sekretaris Daerah Kabupaten Sijunjung, Zefnihan sebagai moderator menyebutkan maksud diadakan rakor pembangunan itu adalah sebagai sarana monitoring dan evaluasi terhadap semua kegiatan pembangunan.

    “Dengan adanya rakor ini dapat menjamin pelaksanaan pembangunan sesuai tujaun dan sasaran yang telah ditetapkan, serta untuk mengenali dan mengatasi permasalahan dan kendala yang timbul dalam pelaksanaan kegiatan pembangunan baik secara administrasi, keuangan maupun fisik,” terangnya.

    Sementara itu, Kepala Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bapppeda) Sijunjung, Benny Dwipa Yuswir dalam kesempatan yang sama menyampaikan, pengendalian dan evaluasi merupakan satu kesatuan dari sistem perencanaan pembangunan daerah untuk menjamin konsistensi pelaksanaan dan menilai capaian kinerja rencana pembangunan daerah.

    “Pengendalian dan evaluasi diperlukan untuk mengetahui kekurangan dan kelemahan dalam penyelenggaraan pelayanan dan program itu sendiri. Pengendalian dan evaluasi akan menghasilkan informasi mengenai kemajuan dan kualitas pelaksanaan pelayanan dan program, mengidentifikasi masalah dan potensi masalah dalam pelaksanaan pelayanan dan program, memberikan penilaian terhadap keberhasilan pelayanan dan program baik dari segi output, manfaat maupun dampaknya, dan juga menjelaskan keberhasilan, kekurangan atau kegagalan pelayanan dan program,” papar Benny.

    Kegiatan tersebut diikuti oleh Staf Ahli Bupati, Asisten, Kepala Organinasi Perangkat Daerah (OPD), Kepala Bagian Lingkup Setdakab serta Camat se-Kabupaten Sijunjung. (Dicko)

    Tidak ada komentar

    Masukan dan informasinya sangat penting bagi pengembangan situs kita ini...

    Pendidikan

    5/pendidikan/feat2