• Breaking News

    Sebagian Besar Pemilih Sumbar Mau Terima Uang dari Paslon

    Direktur SBLF, Edo Anderson. ist


    Padang, sumbarkini.com-Potensi terjadinya politik uang dalam Pilkada serentak 9 Desember sangatlah besar. Sebagian besar pemilih mau menerima uang atau bingkisan dari pasangan calon, walaupun sebagian besar mengaku akan tetap memilih sesuai hati nurani.

    Fakta tersebut terungkap dari hasil survei Sumatera Barat Leadership Forum (SBLF) Riset yang dirilis Jum'at (3/12) kemarin. Sebanyak 66,35 persen pemilih mengaku mau menerima uang atau bingkisan dari para paslon. Sebanyak 56,64 persen yang mau menerima uang atau bingkisan paslon mengaku tetap memilih sesuai hati nurani. Sementara 9,71 persen yang mau menerima uang atau bingkisan mengaku akan memilih paslon yang memberi.

    Direktur SBLF, Edo Anderson, Minggu (6/12) menyebutkan, survei dilaksanakan awal Desember dengan melibatkan 2.000 responden. Sampel tersebar secara proporsional di 19 kabupaten dan kota di Sumbar dengan margin eror 2,1 persen.

    Menurut Edo, dalih politik uang atau bingkisan ini cukup beragam dan mengelabui penindakan Bawaslu. Mulai dari pemberian sembako baik atas nama paslon atau pun partai pengusung. Juga melalui pemberian kaos, membayar puluhan suara per TPS dengan dalih menjadikan mereka relawan atau pun komitmen baik progran atau uang.

    Ada pula dalam bentuk pemberian bantuan tunai baik pusat dan provinsi mengatasnamakan Pokok Pikiran atau aspirasi dari anggota dewan. "Politik uang atau bingkisan ini bermacam-bacam. Dan praktiknya mengelabui penindakan Bawaslu," ujar Edo.

    Cara-cara politik uang atau bingkisan ini menurut Edo sangat mengkhawatirkan. Sebab bisa merusak nilai nilai Pemilu yg bersih dan berintegritas. Bawaslu hingga panwas tingkat nagari mesti pro-aktif melakukan pencegahan dan penindakan. "Begitu pun masyarakat juga mesti tegas dengan cara-cara kotor dari para paslon," tegas Edo yang merupakan kandidat doktor Universitas Negeri Padang ini. (zal)

    Tidak ada komentar

    Masukan dan informasinya sangat penting bagi pengembangan situs kita ini...

    Pendidikan

    5/pendidikan/feat2