• Breaking News

    11 Nagari di Kabupaten Sijunjung Terima Penghargaan Anugrah Desa Wisata Tahun 2021 dari Kemenparekraf

    SIJUNJUNG (Sumbarkini.com) - Sebanyak 11 Nagari di Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat mendapat penghargaan Anugrah Desa Wisata Tahun 2021 dari Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Menparekraf RI), Sandiaga Uno.

    Penghargaan tersebut diserahkan Bupati Sijunjung, Benny Dwifa Yuswir, S.STP.M.Si kepada 11 Nagari/Desa Wisata tersebut di Balairung Lansek Manih Kantor Bupati pada Jum'at 4 Maret 2022.

    Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Parpora) Kabupaten Sijunjung,  Afrineldi, SH mengatakan, 11 Nagari/Desa Wisata tersebut meraih penghargaan karena telah mengikuti Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) yang digelar Kemenparekraf RI tahun 2021 lalu.

    “Sebelumnya ada 19 nagari/ desa wisata kita yang usulkan tahun 2021 lalu, dimana pesertanya diikuti 1.831 desa dari 75 ribu desa di Indonesia. 11 nagari diantaranya diapresiasi dan diberikan penghargaan oleh Kemenparekraf RI,” ujarnya.

    Ke 11 Nagari yang mendapatkan penghargaan ini lanjut Afrineldi adalah Nagari Silokek, Nagari Sisawah, Nagari Aia Angek, Nagari Batu Manjulur, Nagari Muaro, Nagari Tanjuang Labuah, Nagari Latang, Nagari Sumpur Kudus, Nagari Durian Gadang, Nagari Sijunjung, dan Nagari Kandang Baru.

    "Dalam ajang bertaraf nasional tersebut,  Nagari Sisawah Kecamatan Sumpur Kudus berhasil masuk 300 besar desa wisata dan desa binaan kemenparekraf RI, dan Nagari Silokek, Kecamatan Sijunjung berhasil tembus 100 besar desa wisata dan desa binaan,"jelas Afrineldi.

    Bupati Benny Dwifa pada kesempatan itu mengapresiasi dan mengucapkan selamat atas pencapaian ke 11 nagari/desa wisata di Kabupaten Sijunjung yang meraih penghargaan tersebut.

    Bupati berharap di tahun 2022 ini bisa diikuti lebih banyak lagi nagari di Kabupaten Sijunjung yang mendaftar dan diusulkan kedalam kontes pemilihan desa wisata anugrah tahun 2022

    "Kami berharap kepada pemerintah nagari, inilah saatnya kita mengembangkan pariwisata didaerah kita, manfaatkanlah potensi yang ada, tidak ada alasan bagi kita untuk tidak mempublikasikan keunggulan yang ada didaerah masing masing, "ujar Benny.

    Lebih lanjut Bupati Benny menyampaikan, "pada saat ini kondisi keuangan daerah kita sangat sulit, tetapi kalau berkolaborasi bersama dan dukungan dari semua pihak, insyaallah kita akan berhasil mengembangkan pariwisata didaerah kita,"ucap Benny.

    Selain penyerahan penghargaan ADWI 2021, kegiatan ini dirangkaikan dengan sosialisasi jaringan desa wisata tahun 2022 yang diikuti oleh 42 orang peserta terdiri dari 21 Walinagari dan 21 operator di nagari tersebut.

    Selain di hadiri Bupati Benny Dwifa dan Kadis Parpora, Afrineldi, kegiatan ini juga dihadiri oleh Kadis DPMN Khamsiardi, S.STP, M.Si dan Kadis Kominfo, Rizal Efendi, SE.(Andri)

    Tidak ada komentar

    Masukan dan informasinya sangat penting bagi pengembangan situs kita ini...

    Pendidikan

    5/pendidikan/feat2