• Breaking News

    Di Hadiri Bupati dan Wabup, Grand Final Duta GenRe Kabupaten Sijunjung Tahun 2022 Sukses dan Meriah.

    SIJUNJUNG ( Sumbarkini.com) - Acara Grand Final pemilihan duta Generasi Berencana (GenRe) Kabupaten Sijunjung tahun 2022 yang dilaksanakan di Gedung Pancasila Muaro Sijunjung pada Sabtu 12 Maret siang bejalan sukses dan meriah.

    Kegiatan dengan memakai tema "Sehat, Cerdas, Berkarakter dan Berbudaya" ini dihadiri langsung Bupati dan Wakil Bupati Sijunjung, Benny Dwifa dan H. Iraddatillah, Unsur Forkopimda, Ketua PKK, Ny. Riri Benny Dwifa, Ketua GOW, Ny. Donna Iraddatillah, Kepala perwakilan BKKBN Prov Sumbar, Fatmawati, ST.MM, Kepala Perangkat Daerah, Camat se Kabupaten Sijunjung dan undangan lainnya.

    Bupati Sijunjung, Benny Dwifa saat membuka kegiatan tersebut mengatakan, Kegiatan pemilihan Duta Generasi Berencana (GenRe) bukanlah suatu ajang pemilihan remaja saja, tapi lebih utama  menjadikan mereka remaja sebagai motivator yang terampil dan berkarakter.

    Disampaikan Benny Dengan peran Duta GenRe, sosialisasi dan promosi Program GenRe di lingkungan sekolah, kampus maupun masyarakat umum dirasa lebih efektif, karena komunikasi yang terjalin dilakukan dengan pendekatan dari oleh dan untuk remaja sehingga menjadi ramah dan tegar.  

    Disamping itu lanjut Benny, secara umum icon Duta GenRe dirasa memberi nilai lebih dalam mempromosikan dan mensosialiasikan Program GenRe kepada Remaja/Mahasiswa terutama di lingkungan masyarakat tempat tinggalnya. Termasuk pada kegiatan pembinaan remaja di Kampung KB pada kelompok PIK remaja terutama remaja putus sekolah. 

    Diharapkan Duta GenRe juga dapat memberikan aksi nyata dalam upaya penurunan angka stunting. Stunting sebagai program prioritas Nasional menjadi tantangan besar bangsa saat ini. Angka stunting yang cukup tinggi di Sijunjung tentunya sangat mengkhawatirkan, mengingat sumber daya yang paling berharga pada suatu negara adalah sumber daya manusia. 

    "Ini menjadi tugas kita bersama untuk menurunkan angka stunting dengan kerjasama lintas sector baik dengan kerangka intervensi gizi spesifik maupun intervensi gizi sensitive,"harap Benny

    "Kita berharap kegiatan yang mengusung Tema  “Remaja Sijunjung Berperan mewujudkan Sijunjung Sejahtera Unggul dan Berbudaya“, dimana GenRe Berkarakter, Inovatif , Kreatif dalam pemanfaatan Teknologi Informasi di Era Milenial siap meraih Bonus Demografi dan Indonesia Emas,"harap Bupati Benny lagi.

    Sementara itu, Kepala Dinas Dalduk KB,Dra, Rina Defita Eka Putri, MM selaku ketua pelaksana dalam laporannya menyampaikan tujuan dilaksanakannya kegiatan ini untuk meningkatkan pengetahuan remaja tentang Kespro dan gizi remaja serta memperluas keterpaparan  program GenRe dilingkungan masyarakat.

    Yang menjadi finalis dalam kegiatan ini ujar Rina merupakan anggota aktif dari PIK-R jalur sekolah dan PIK-R jalur masyarakat yang ada di Kabupaten Sijunjung. 

    "Seleksi tingkat kecamatan sebanyak 40 orang ( 23 cewek dan 17 cowok) yang maju ke tingkat kabupaten. Hasil seleksi ditingkat Kabupaten terpilih 20 orang (10 pasang) yang maju ke grand final pada hari ini,"ujar Rina

    Rina mengatakan, Ada 3 tahap untuk pemilihan duta GenRe tahun 2022 ini, diantaranya tahap pendaftaran dan seleksi di tingkat kecamatan pada 14 s/d 21 Februari pada kantor koordinator KB kecamatan masing masing, kemudian tahap seleksi ditingkat Kabupaten Sijunjung pada tanggal 25 februari, selanjutnya tahap karantina finalis pada tanggal 11 maret di Wisma Keluarga.

    Adapun tim juri pada final GenRe ini kata Rina yaitu Unsur Perwakilan BKKBN Provinsi Sumatera Barat, dr. Winda Putria Sari, Sekretaris Dinas Dalduk KB, Sukardi, SH, Unsur Tokoh Masyarakat dan Agama yaitu Ketua MUI Kabupaten Sijunjung, H. Syukri Rahmad, Lc, dan Psikolog Klinis ,Melphi Desuspa, .Psi, Psikolog, serta seniman dan budayawan yaitu bapak Syafarman. (Andri)

    Tidak ada komentar

    Masukan dan informasinya sangat penting bagi pengembangan situs kita ini...

    Pendidikan

    5/pendidikan/feat2