• Breaking News

    LKKS Sumbar Perkuat Peran LKS, Dinas Sosial Siap Memberikan Dukungan

    Padang – Permasalahan kesejahteraan sosial harus dihadapi bersama-sama. Jangan hanya membebankannya kepada pemerintah semata. Hal itu ditegaskan Ketua Umum Lembaga Koordinasi Kesejahteraan Sosial (LKKS) Sumbar, Hj Harneli Bahar. “Solusi dari permasalahan sosial tidak bisa diserahkan pada pemerintah saja. Kelompok-kelompok masyarakat hendaknya ikut berperan aktif mengingat semakin kompleksnya permasalahan sosial yang terjadi saat ini,” ujar Hj. Harnelli di Padang, Rabu 8 Desember 2021.

     Juga banyak terjadi bencana dimana baru-baru ini terjadi erupsi Gunung Semeru. Untuk itu Harnelli mengajak LKKS dan LKS di Sumatera Barat untuk turut serta dalam menggalang bantuan bagi saudara kita yang terkena bencana.

    “Mari kita ringankan beban derita saudara-saudara kita di Lumajang sana. LKS-LKS se-Sumatera Barat agar aktif menggalang bantuan kemanusiaan bagi saudara-saudara kita yang kehilangan harta bahkan sanak saudaranya akibat pasca terjadinya erupsi Semeru,” himbaunya.

    Dia mengajak LKKS dan LKS di daerah untuk lebih meningkatkan kontribusi mereka dalam upaya penyelenggaraan kesejahteraan sosial berbasis masyarakat yang telah diprogramkan LKKS Sumbar. Tak lupa Harnelli mengapresiasi LKKS kabupaten/kota dan LKS se-Sumatera Barat yang telah mau menyumbangkan waktu, tenaga, fikiran dan dana mereka untuk Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) dan Pemerlu Penyelenggaraan kesejahteraan Sosial (PPKS) selama ini.

    Lebih jauh ditegaskan Harnelli Undang-undang Nomor 11 tahun 2009 tentang Kesejahteraan Sosial dan Peraturan Pemerintah Nomor 39 tahun 2012 tentang Penyelenggaraan Kesejahteraan sosial, telah mengamanatkan salah satunya tentang efektifitas peran masyarakat dalam menyelenggarakan kesejahteraan sosial. Harus ada Lembaga yang melakukan koordinasi terhadap Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS). Di sinilah Dewan Nasional Indonesia Kesejahteraan Sosial (DNIKS), LKKS Provinsi dan kabupaten/kota dibentuk.

    Harnelli mengucapkan terimakasih atas dukungan Dinas Sosial Sumbar dalam upaya pemberdayaan ekonomi yang dilakukan LKKS Sumbar. Saat ini, LKKS Sumbar mengembangkan lebah trigona (galo-galo. Lebah trigona bantuan Dinas Sosial Sumbar itu telah menghasilkan madu. Hasilnya cukup menggembirakan dan diharapkan dapat mengangkat perekonomian tenaga kebersihan Gedung LKKS Sumbar yang diberdayakan memelihara lebah trigona tersebut.

    Kepala Dinas Sosial, Jumaidi, S.Pd., M.Pd dalam kapasitasnya mewakili Gubernur Sumatera Barat menyebutkan bahwa LKKS Sumbar telah banyak melakukan kegiatan-kegiatan untuk mengkoordinasikan penyelenggaraan kesejahteraan sosial.

    Dia pun mendukung rencana-rencana Ketua Umum LKKS Sumbar dalam menyelenggarakan kesejahteraan sosial berbasis masyarakat di Sumatera Barat. Dinas Sosial siap mengelaborasi dan bermitra erat dengan LKKS Sumbar. Peran LKKS itu perlu dikuatkan agar mampu berbuat lebih banyak terhadap peningkatan derajat hidup masyarakat kita.

    Jumaidi juga mengungkapkan pihaknya mendukung upaya pengembangan lebah trigona (galo-galo) yang saat ini tengah dikembangkan oleh LKKS Sumbar. LKKS Sumbar katanya bisa menjadi percontohan pemberdayaan bagi LKKS kabupaten/kota.

    “Ini contoh kecil sociopreneurship. LKKS kita pilih karena jangkauannya luas dan pengembangan trigona di LKKS bisa jadi model pemberdayaan berbasis masyarakat. Bagaimana LKKS peduli terhadap pemberdayan dan peningkatan taraf hidup masyarakat,” ungkapnya.

    Jumaidi menilai pemberdayaan yang dilakukan LKKS sudah tepat. Dengan hasil lebah trigona itu diharapkan LKKS Sumbar mengembangkannya pula kepada LKKS kabupaten/kota serta LKS di Sumbar punya sumber dana tambahan bagi operasional mereka,” ujarnya.

    Diungkapkan oleh Jumaidi, pihaknya juga telah memotivasi beberapa kelompok pemuda. Kepada mereka ditawarkan usaha-usaha ekonomis yang diyakini mampu membuat organisasi mereka tidak perlu lagi mengedarkan proposal setiap akan melaksanakan kegiatan. Pengembagan madu galo-galo bisa jadi alternatif. (*)

    Tidak ada komentar

    Masukan dan informasinya sangat penting bagi pengembangan situs kita ini...

    Pendidikan

    5/pendidikan/feat2