• Breaking News

    Mitra Ummat Madani dan Unbrah Buka Bersama Seribu Anak Yatim dan Dhuafa



    PADANG (SumbarKini)- Lembaga Amil Zakat Infak dan Sedekah (LAZIS) Mitra Ummat Madani bersama UKMI Ar Rahman Universitas Baiturrahmah (Unbrah) Padang menggelar acara Berbuka Puasa Bareng Seribu Anak Yatim dan Dhuafa, di Auditorium Unbrah Padang, Sabtu (2/6).

    Program Buka Bersama Yatim dan Dhuafa ini merupakan ivent tahunan yang diselenggarakan oleh UKMI Ar-Rahman Unbrah dengan LAZIS Mitra Ummat Madani. "Tahun ini kita mengusung tema "Beauty of Ramadan-Gandakan Pahala Puasa" dan Alhamdulillah berjalan lancar dan sukses," ujar Direktur Mitra Ummat Madani, Elfiyon Julinit saat ditemui Metrans.

    Ia mengatakan, pada Ramadan 1439 H/2018M ini, jumlah pesertanya mengalami peningkatan cukup besar, sehingga mencapai jumlah 1.150 orang peserta, yang tahun sebelumnya hanya 700 orang saja. Selain memberikan buka puasa yang istimewa, anak yatim dan dhuafa turut mendapatkan hiburan, permainan, tausiyah dan santunan Ramadan.

    "Semuanya berasal dari donasi mahasiswa dan para donatur  yang dihimpun secara bersama–sama," sebut Elfiyon.

    Lebih lanjut Elfiyon mengatakan, acara Berbuka Puasa Bersama Seribu Yatim dan Dhuafa ini merupakan Satu dari Tiga Program Unggulan Ramadan 1439H. Selain Program Balanjo Baju Rayo (Babayo) bersama Yatim dan Dhuafa, serta Program Berbagi Paket Lebaran Seribu Keluarga Dhuafa. Pihaknya turut berterima kasih kepada UKMI karena telah menjadikan Mitra Ummat Madani mitra kerja hampir setiap tahunnya.

    Sesuai tema diangkatkan “Gandakan Pahala Puasa”, melalui Program ini mengajak kaum muslimin dan muslimat untuk memanfaatkan Ramadhan meraih pahala sebanyak banyaknya, baik dengan menunaikan zakat, infak dan sedekah, termasuk berbagi buka puasa bagi kaum fakir miskin dan anak yatim. 

    "Semakin banyak berbagi, semakin banyak pula menghadirkan senyum anak-anak yatim dan dhuafa yang menunggu uluran kepedulian bersama," imbuhnya.

    Hal senada juga disampaikan tim Mitra Ummat Madani, Yorika Zainal bahwa progam ini dilakukan melalui dana sedekah, infak, dari donatur. Ia mengatakan, ada dua tempat pelaksanaan Buka Bersama Yatim hari itu, yakni di Auditorium Unbrah seribu orang, dan di FKG Unbrah 150 orang. 

    "Kita mengajak anak yatim dan dhuafa buka bersama di beberapa tempat, seperti di panti asuhan anak Mentawai, UIN IB Padang, UBH, TK Rayhan, dengan menargetkan 10 ribu anak yatim dan dhuafa," papar yang akrab dipanggil Oi ini.

    Wakil Rektor Unbrah Padang, Amrullah, SE. M.Si dalam sambutan dan sekaligus membuka acara tersebut mengaku, surprise dan terharu dengan kehadiran jumlah peserta sangat banyak. Apalagi digelar oleh mahasiswa bersama LAZIS. Ia  berpesan, kegiatan hebat semacam ini terus dipertahankan sehingga dapat berbagi kebahagiaan lebih banyak lagi kepada anak yatim dan dhuafa sehingga turut merasakan kegembiraan menanti saat – saat berbuka puasa.

     "Saya bangga dan turut bahagia dengan diangkatkannya acara ini. Saya kira baru UKMI Ar Rahman, organisasi kampus yang mengangkatkan acara dengan jumlah peserta sebanyak ini. Terus dipertahankan ditahun berikutnya,” ungkap Amrullah disambut tepuk tangan.

    Pernyataan serupa juga diungkapkan Pembina UKMI Ar Rahman, Jims Khairil bahwa kegiatan ini sangat positif karena selain melatih sikap saling berbagi di kalangan mahasiswa, sekaligus meraih pahala berlipat ganda di bulan puasa. "Karena orang yang memberikan buka puasa kepada orang berpuasa akan mendapatkan ganjaran pahala berlipat  ganda dari Allah SWT," sebutnya.

    Ketua UKMI Ar Rahman, Hilmi Khairi (20) dalam sambutannya mengungkapkan, untuk mengangkatkan acara kolosal ini mereka bekerja keras menghimpun donasi dari kantong – kantong para mahasiswa, dosen dan sejumlah donatur lainnya bersama Mitra Ummat Madani. Untuk itu ia mengucapkan terima kasih kepada semua pihak telah berpartisipasi terselenggaranya acara ini.

    "Kita mengumpulkan donasi dari mahasiswa, dosen, alumni, serta civitas akademika Unbrah selama dua minggu lebih, sebab kami bertekad Setiap tahunnya harus ada peningkatan," kata Hilmi mengakhiri. (why)

    Tidak ada komentar

    Masukan dan informasinya sangat penting bagi pengembangan situs kita ini...