• Breaking News

    Marlis Rahman Meninggal, Sumbar Kembali Kehilangan Tokohnya

    PADANG (sumbarkini.com) - Sumbar kembali kehilangan tokoh besarnya. Mantan Gubernur Sumbar Prof. Dr. Marlis Rahman, M.Sc, meninggal dunia, Sabtu, (28/7/2018) pukul 08.00 Wib. Kabar duka ini menghiasi berbagai platform media sosial. Pesan berantai pun bersileweran.

    Semua tersentak. Rumah duka di Jalan Fisika III Blok B II Komplek Unand Ulu Gadut Padang, segera disesaki pelayat.

    Marlis Rahman meninggal dalam usia 76 tahun, ia meninggalkan 1 orang istri Mairawita Marlis (Wiwik), dan satu anak Salsa Fauzania.

    Pimpinan Wilayah Muhammadiyah beserta pengurusnya bersegera menuju rumah duka. "Telah berpulang ke rahmatullah, tokoh besar seorang aktivis dan pemimpin kampus menjadi politisi, tokoh cendekiawan dan seorang anak manusia yang penuh cinta kasih," ungkap ketua PW Muhammadiyah Sumbar Shofwan Karim Elhussein, MA, Sabtu (28/7) pagi.

    Kabar meninggalnya Marlis disampaikan oleh Kabiro Humas Pemprov Sumbar, Jasman Rizal dalam grup whatsApp.

    “Innalilahi wainna lilahi rajiun, telah berpulang bapak Prof. Marlis Rahman mantan gubernur dan wakil gubernur sumbar, sekitar pukul 08.00 WIB. Semoga beliau diberikan tempat terbaik disisi Allah. Rumah duka di Komplek Unand Gaduik, Kota Padang,” tulisnya.


    Kilas Balik 
    Prof. Dr. H. Marlis Rahman, MSc. lahir di Kota Bukittingi, pada tanggal 9 Juni 1942. Almarhum  putra dari pasangan almarhum Malin Batuah dan almarhumah Lian.

    Almarhum adalah akademisi, pengajar, dan politisi Indonesia. Pernah menjabat Gubernur Sumatera Barat. Dia dilantik menjadi Gubernur Sumatera Barat oleh Menteri Dalam Negeri, Gamawan Fauzi pada hari senin 7 Desember 2009.

    Sebelumnya Marlis Rahman merupakan Wakil Gubernur terpilih bersama Gubernur Gamawan Fauzi. Pasangan ini merupakan gubernur pertama yang dipilih secara langsung oleh masyarakat Sumbar dan dilantik pada 15 Agustus 2005.

    Selain pernah berkarir di politik, almarhum juga pernah menjadi rektor Universitas Andalas (Unand) dan Ketua Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia (ICMI) Sumbar dan Ketua PMI Sumbar (zul)

    Tidak ada komentar

    Masukan dan informasinya sangat penting bagi pengembangan situs kita ini...